loading...

Inilah Doa Yang Bila Di Baca Niscaya Allah Akan Menghilangkan Kesedihan Dan Membayarkan Utang-Utangmu


Suatu hari Rasulullah melihat salah seorang sahabatnya, Abu Umamah termenung dimasjid. Rasulullah merasa heran karena sahabatnya ini berada dalam masjid di luar waktu-waktu salat wajib. Dia juga tidak sedang melakukan amalan ibadah i'tikaf. Rasulullah bertanya kepadanya, "Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk dimasjid pada waktu-waktu diluar shalat?"

Abu Umamah menjawab, "Aku sedang dilanda kesusahan dan dililit hutang, wahai Rasulullah."

Apa yang dilakukan Rasulullah untuk membantu sahabatnya itu? Rasulullah tidak serta merta membantu meringankan beban Abu Umamah dengan melunasi utangnya. Padahal, kalaupun Rasulullah sedang tidak memiliki harta, beliau bisa meminta bantuan dari sahabat-sahabatnya yang lain untuk membantu Abu Umamah. Tapi, Rasulullah tidak melakukan itu semua.

Rasulullah memberikan solusi yang jauh lebih baik. Beliau bersabda kepadanya, "Ketahuilah, aku akan mengajarkan padamu doa yang apabila engkau baca, maka Allah Swt. akan menyingkirkan kesedihan dan membayarkan utang-utangmu. Ucapkanlah pada waktu pagi dan sore:
Allaahumma innaa na'uudzu bika minal hammi wal hazani wal 'ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dhala'id daini wa ghalabatir rijaal

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia."