loading...

4 Cara Menghemat Pengeluaran Keluarga




Menghemat uang akan memberikan berbagai dampak positif, terlebih jika Anda sudah memasuki masa pensiun nanti. Di tengah berbagai tuntutan gaya hidup di kota besar, komitmen kuat untuk menghemat pengeluaran menjadi tantangan tersendiri. Lakukan 4 hal sederhana ini untuk mencapai target penghematan pengeluaran keluarga Anda.

1. Pertahankan Rumah dan Kendaraan Sederhana

Seiring peningkatan pendapatan, hasrat untuk memiliki rumah dan kendaraan mewah semakin besar. Sebelum memutuskan pindah rumah atau mengganti kendaraan, sebaiknya Anda memerhitungkan kenaikan biaya yang dibutuhkan untuk 2 hal tersebut terlebih dahulu.

Ingat! Rumah dan mobil mewah membutuhkan perawatan mewah yang berarti menambah pengeluaran Anda. Sebaliknya, dengan mempertahankan rumah dan mobil yang sudah ada, Anda dapat memiliki lebih banyak uang untuk ditabung atau digunakan guna memenuhi keperluan produktif lainnya.

2. Bekerja sama dengan pasangan

Jika Anda dan pasangan bekerja, melakukan sharing penghasilan dan membiayai pengeluaran bersama dapat menjadi pilihan. Dengan terbiasasharing, Anda dan pasangan dapat saling mengevaluasi pengeluaran. Selain itu, menentukan pos pengeluaran bersama dapat membantu menekan 'godaan' untuk hal yang tidak perlu.

3. Selalu berhemat

Tindakan menghemat sekecil apa pun akan memberi dampak signifikan dalam jangka panjang. Mulailah menghemat dari hal-hal yang paling sederhana, seperti mengecilkan temperatur AC dan mematikan lampu. Kedua hal sederhana ini dapat membantu menekan biaya listrik.

4. Harus Kreatif

Berhemat bukan berarti Anda dan keluarga tidak dapat menikmati hidup. Untuk sekadar bersenang-senang di tengah kota, Anda dapat menggunakan kupon diskon yang sudah banyak dijual di berbagai situs terpercaya. Sedangkan untuk berwisata, Anda dapat merencanakan kepergian dari jauh hari, terutama jika destinasi wisata tergolong jauh. Dengan melakukan persiapan yang matang, Anda dapat menyisihkan lebih banyak uang tanpa perlu kebingungan karena pengeluaran tiba-tiba melonjak.

Sumber : motherandbaby.co.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x