loading...

Inilah 3 Nasihat Penting Rasulullah Bagi Kaum Wanita Sebagai Bekal Masuk Surga


Di antara bukti kecintaan Nabi Muhammad SAW kepada kaum wanita adalah nasihat yang selalu disampaikan kepada umat Islam agar mejaga dan menghormatinya. Sebab wanita merupakan makhluk yang unik, tidak dapat diperlakukan dengan kasar, dan tidak pula dibiarkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Terimalah wasiat tentang memperlakukan wanita (istri) dengan cara yang baik. Karena sesungguhnya wanita ini diciptakan dari tulang rusuk laki-laki yang melengkung. Dan sesuatu yang paling melengkung itu adalah sesuatu yang terdapat pada tulang rusuk yang paling atas. Jika hendak meluruskannya tanpa menggunakan perhitungan yang matang, maka kalian akan mematahkannya. Sedang jika kalian membiarkannya, maka ia akan tetap melengkung. Oleh karena itu, terimalah wasiat memperlakukan wanita dengan baik.” (HR. Muslim).

Nabi SAW pernah menasihati dan memerintahkan kaum wanita agar bertakwa kepada Allah, menaati suami, dan banyak bersedekah.

Nabi SAW bersabda, “Sungguh di antara kalian (wanita) ada orang-orang yang masuk surga (beliau sambil merapatkan jari-jari tangannya) dan sebagian besar kalian akan menjadi bahan bakar api neraka (lalu beliau membuka jari-jarinya). Seorang wanita bertanya, ‘Mengapa wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Karena kalian banyak melaknat, mengingkari kebaikan suami, dan menunda-nunda kebaikan’.” (HR Ibnu Hibban).

Dari hadits di atas, ada tiga nasihat

Nabi SAW yang diperuntukkan khusus bagi kaum wanita sebagai bekal masuk surga. Jika diamalkan, hal itu akan memudahkan kaum wanita meraih surga, yaitu:
(1)bertakwa kepada Allah, 
(2)taat kepada suami, dan 
(3)banyak sedekah. 

Sebaliknya, jika seorang wanita melakukan tiga hal berikut ini, ia akan menjadi celaka (sebagai penghuni neraka).

(1)Pertama, wanita yang suka melaknat. 
Sebagian wanita begitu mudah melaknat orang yang ia benci, termasuk yang sedang ada masalah dengannya. Sangat tidak patut jika seseorang yang mengaku mukmin, namun lisannya terlalu mudah untuk melaknat.

Rasulullah SAW bersabda, “Bukanlah seorang Mukmin itu seorang yang suka mencela, tidak pula seorang yang suka melaknat, bukan seorang yang keji dan kotor ucapannya.” (HR Bukhari).

(2)Kedua, wanita yang suka mengingkari kebaikan suami.
“Tidaklah seorang istri yang menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya (di akhirat kelak): bidadari yang menjadi pasangan suaminya (berkata): ‘Jangan engkau menyakitinya, kelak kamu dimurkai Allah, seorang suami bagimu hanyalah seorang tamu yang bisa segera berpisah dengan kamu menuju kami’.” (HR. Tirmidzi).

(3)Ketiga, Wanita yang suka menunda-nunda kebaikan. 
Salah satu hal yang menjadikan wanita suka menunda kebaikan itu adalah terlalu larut dalam perasaan dan emosi.

Karena itu, ingatlah akan nasihat Nabi SAW untuk segera melaksanakan amal saleh sebelum datang tujuh hal yang menghancurkan, yakni kefakiran yang melupakan, kekayaan yang menyesatkan, sakit yang merusakkan, ketuaan yang melemahkan, kematian yang mendadak, Dajjal yang merupakan seburuk-buruk hal gaib yang akan datang, dan hari kiamat. (HR Tirmidzi).

Semoga Allah selalu membimbing para wanita agar dapat menjalankan tiga nasihat Nabi SAW sebagai bekal masuk surga, dan meninggalkan tiga hal larangan agar dapat terhindar dari panasnya api neraka.

(Sumber : halhalal.com)