loading...

Inilah Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatan Flu Singapura



Bantulah ShareMungkin masih banyak yang belum tahu apa itu “flu singapura”, terbukti saat seseorang anak saya diagnosis dengan mengatakan “Pak, Bu, Ananda ini tengah terserang flu singapura” Ortu : “wah, penyakit apakah itu dok? walau sebenarnya kami belum pernah ke singapore”.. hmmm.. itu salah satu contoh dan masih banyak yang lainnya.

Oleh karenanya pada saat ini, mari kita tekuni apakah itu flu singapura, tanda-tanda beserta ciri-cirinya, penyebab dan pemularannya dan penyembuhan atau perawatan dirumah untuk penderita flu singapura. semoga dapat berikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pembaca sekalian.

Istilah kedokteran flu singapura yaitu hand foot and mout disease atau disingkat HFMD, bila dibahasa indonesiakan jadi penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karena satu diantara ciri penyakit ini yaitu ada lepuhan pada kaki, tangan, dan mulut. Lalu mengapa dimaksud Flu singapura? karena penyakit ini pernah mewabah di singapore sampai banyak sekolah serta sarana umum yang lain jadi ditutup dikarenakan penyakit ini hingga penyakit ini jadi popular dengan sebutan flu singapore.

Flu singapura yaitu penyakit infeksi virus yang mengakibatkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut sisi dalam, luka lepuhan juga nampak pada tangan, kaki, dan terkadang pada p4nt4t atau daerah popok.


Penyebab dan Langkah Penularan Flu singapura

Penyebab Flu singapura yaitu virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terbagi dalam virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Virus Penyebab Flu singapura tersering tetapi enteng yaitu Coxsackie A16, sedang penyebab yang menimbulkan masalah berat atau berpotensi menimbulkan komplikasi sampai kematian yaitu Enterovirus 71.

Karena pemicunya virus jadi flu singapura ini gampang menular. Penularannya seperti penyakit flu yakni lewat droplet waktu bersin, air liur, tinja, dan cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak segera dapat lewat beberapa barang yang terkontaminasi oleh cairan itu. Penyakit ini biasanya menyerang balita umur 2 minggu hingga 5 th., tetapi ada masalah yang berlangsung pada anak sampai umur 10 th.. Sedang Orang dewasa umumnya kebal pada enterovirus ini, tetapi mungkin terjadi.

Seperti infeksi virus biasanya, contohnya cacar air, anak yang telah pernah terserang flu singapura bakal mempunyai kekebalan pada penyakit ini. Dengan catatan, virus strain-nya sama, namun bila virus strainnya tidak sama, anak tetaplah bisa terserang lagi.


Gejala dan Tanda-tanda Flu Singapura

Gejala Flu singapura umumnya bakal nampak 3 hingga 6 hari sesudah anak terkena atau terserang virus. Ini dimaksud saat inkubasi. Gejala dan Tanda-tanda flu singapura antara lain :
  1. Awal mulanya anak bakal alami demam dengan suhu badan 101°F (38°C) hingga 103°F (39°C) dibarengi rewel atau lesu kadang-kadang dibarengi pilek.
  2. Pada anak yang lebih gede umumnya mengeluh sakit tenggorokan, pada bayi mungkin saja bakal menampik ASI atau tidak ingin minum terlebih makan karena sakit menelan.
  3. Lalu satu atau dua hari selanjutnya, nampak bintik-bintik merah yang lalu jadi luka atau lecet di mulut (bibir serta pipi sisi dalam, langit-langit serta tenggorokan) serupa sariawan kecil-kecil serta banyak. Selain itu nampak juga ruam berbentuk bintik-bintik merah datar atau muncul diisi cairan (vesikel) atau lepuhan, dan kadang-kadang pecah jadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini umumnya ada pada telapak tangan serta telapak kaki ; bisa pula nampak pada lutut, siku, p4nt4t atau daerah genital.
  4. Sebagian anak yang terinfeksi dengan virus flu singapura ini mungkin saja tak memperoleh semuanya tanda-tanda penyakit. Beberapa mungkin saja cuma alami ulkus mulut atau lepuhan pada kulit.
  5. Seperti penyakit virus yang lain, penyakit flu singapura bakal lebih baik sendiri tanpa ada penyembuhan dalam kurun saat 7-10 hari.
  6. vesikel flu singapura, contoh lepuhan flu singapura pada telapak tangan


Perawatan serta Penyembuhan Flu Singapura

Penyakit flu singapuran umumnya tidak membutuhkan penyembuhan spesial. Anda bisa memakai perawatan dirumah untuk menolong memperingan gejala flu singapura pada anak, yaitu lewat cara :
  1. Berikan anak cairan atau minuman dingin untuk menolong meredakan sakit tenggorokan. Minum mesti banyak supaya tidak berlangsung dehidrasi.
  2. Janganlah memberi makanan atau minuman yang merasa asam atau pedas, kerupuk, keripik atau gorengan semacam. Karena makanan ini dapat bikin sariawan lebih menyakitkan.
  3. Untuk meredakan nyeri dan demam, berikanlah acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen. Baca Ketentuan Gunakan! Baca juga : Langkah pilih obat penurun panas
  4. Janganlah memberi aspirin pada anak.
  5. Janganlah memberi antibiotik lantaran penyakit ini dikarenakan oleh virus bukanlah bakteri.
  6. Bila anak atau bayi juga alami muntah, diare atau tidak bisa makan dan minum hingga jadi lemah, jadi pasien itu mesti dirawat.


Langkah Menghindar Flu Singapura
  1. Tak ada vaksin yang bisa disuntikkan membuat perlindungan pada virus yang mengakibatkan penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Seorang bisa turunkan resiko atau menghindar flu singapura lewat cara :
  2. Kerap membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir, terlebih sesudah ganti popok dan memakai toilet.
  3. Rajin bersihkan benda-benda yang kerap disentuh termasuk juga mainan anak.
  4. Hindari kontak dekat seperti mencium, memeluk, atau sharing peralatan makan atau cangkir dengan orang-orang yang lagi sakit flu singapura.



sumber : mediskus. com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x