loading...

Diet Buah yang Efektif dan tertarget berikut ini adalah kunci diet sukses



Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan strategi mengkonsumsi sayur dan buah yang bagus untuk diet. Sayur dan buah sangat kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang mana kebanyakan diantaranya sangat rendah kalori, jadi bagus sekali untuk diet. Bahkan buah yang kaya kalori seperti pisang dan alpukat pun sebenarnya juga baik untuk diet, asalkan Anda mengonsumsinya dengan benar, yaitu hanya dikonsumsi pada sarapan di pagi hari. Selain dari sisi kalori, kandungan serat dan berbagai nutrisi tertentu yang ada pada sayur dan buah cocok untuk membantu proses menurunkan berat badan.

Sayuran dan buah bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit, sebagai sarana detoksifikasi yang bagus, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari mengonsumsi sayuran dan buah, Anda akan sukses menurunkan berat badan tanpa khawatir dengan resiko terhadap kesehatan.

Beberapa Sayur dan Buah yang Baik untuk Diet Anda

Prinsip utama dalam diet menurunkan berat badan adalah mengonsumsi kalori di bawah kebutuhan kalori harian. Semua sayuran dan buah pada dasarnya baik untuk diet ini, termasuk yang memiliki kalori tinggi seperti yang telah disebutkan di atas, namun di sini kita hanya akan membahas yang rendah kalori saja, karena yang jenis ini lebih mudah untuk dikonsumsi kapan saja.

Brokoli

Selain terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker, brokoli juga merupakan sayur yang baik untuk diet. Pasalnya brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa, karena jenis ini justru dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu juga baik untuk pencernaan. Tak lupa, serat yang dikandung brokoli pun membuat rasa kenyang tertahan lebih lama. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Jeruk Lemon

Jeruk lemon dikenal kaya manfaat, salah satunya untuk diet. Buah ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan juga memperlancar peredaran darah. Selain itu juga dapat membersihkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan memperlancar pencernaan, sehingga dapat menurunkan berat badan dengan sehat. Mengonsumsi jeruk lemon juga akan mengurangi rasa lapar, yang membuat porsi makan Anda selama diet lebih terjaga. Buah yang baik untuk diet ini bisa dikonsumsi dengan cara dibuat minuman jeruk biasa (tanpa gula) atau dengan dibuat infused water.

Bayam

Sayuran untuk diet berikutnya adalah bayam, yang merupakan salah satu sayuran terbaik untuk diet. Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lain. Selama ini serat kita kenal berguna untuk memperlancar pencernaan, yang tentunya berguna untuk diet, namun sebenarnya serat juga memiliki manfaat luar biasa lainnya untuk menurunkan berat badan, yaitu mampu mengurangi timbunan air dalam tubuh. Penumpukan air dalam tubuh adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan, seperti yang diutarakan dalam diet mayo.

Buah Berry

Yang termasuk dalam buah berry ialah strawberry, blueberry dan blackberry. Manfaat buah berry sebagai buah yang bagus untuk diet hampir sama dengan jeruk lemon. Selain itu buah ini kaya antioksidan yang berguna melawan radikal bebas untuk mencegah kanker. Sebagai tambahan, buah ini memiliki kandungan hormon Leptin dan Adinopectin. Hormon Leptin merupakan hormon yang mengatur sensasi kenyang di tubuh sehingga menimbulkan perasaan kenyang. Hormon Adinopectin sendiri dapat membantu memecah kolesterol.

Bunga Kol

Sayuran yang bagus untuk diet berikutnya adalah bunga kol. Jika Anda mengenal jeruk sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi, maka sayuran yang mengandung vitamin C tinggi adalah bunga kol ini. Vitamin C sangat penting dalam membantu membakar lemak saat beraktivitas atau olahraga. Vitamin C tidak dapat membakar lemak dengan sendirinya, dan juga tanpa vitamin C pembakaran lemak saat beraktivitas tidak akan maksimal.

Apel

Ini adalah buah yang terkenal sebagai buah yang baik untuk diet. Pernyataan tersebut memang benar dikarenakan apel memiliki banyak hal yang dibutuhkan untuk diet menurunkan berat badan. Apel sangat rendah kalorinya, sekitar 100 kalori untuk 1 buah apel. Kandungan serat yang tinggi yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan tertarik lagi dengan camilan. Variasi nutrisi yang ada pada apel dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat selama melakukan program diet.


Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud disini adalah yang sejenis kacang hitam dan kacang kedelai. Kenapa ini baik untuk diet? Jenis makanan ini adalah sumber protein nabati, namun tidak mengandung lemak jenuh seperti sumber protein lainnya, seperti daging. Meskipun saat diet Anda berusaha mengurangi kalori, namun asupan protein tetaplah dibutuhkan. Kacang-kacangan juga kaya serat, selain itu termasuk jenis makanan yang proses pencernaannya lambat sehingga perut akan terasa penuh lebih lama.

Buah Pear

Buah untuk diet berikutnya adalah pear. Buah ini memiliki banyak kesamaan dengan apel dalam manfaatnya untuk diet, pear mengandung banyak serat yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan kebanyakan buah lainnya. Peran serat dalam buah pear ialah dapat membuat perut terisi lebih lama sehingga membantu kita merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar.

Nanas

Buah yang baik untuk diet berikutnya adalah buah nanas. Nanas dapat mengontrol lemak dalam tubuh. Buah ini bebas dari kandungan kolesterol dan lemak sehingga cocok untuk diet yang sehat dan seimbang. Nanas mengandung 85% air sehingga tidak memberikan kalori bagi tubuh. Lainnya, nanas juga mengandung serat, vitamin, mineral serta antioksidan yang berguna bagi tubuh. Mengkonsumsi buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah manis dan lembut ini mengandung serat yang banyak yang membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Buah ini juga mengandung gula yang sedikit sehingga tidak memberikan banyak kalori pada tubuh, membuat ini sebagai buah yang baik untuk diet. Selain itu, pepaya mengandung banyak vitamin C, flavonoids dan carotene.

Selain 10 jenis sayuran dan buah yang diatas, jenis sayuran yang lain yang bisa dikonsumsi adalah sayuran hijau. Jenis sayuran ini secara umum memiliki kandungan serat tinggi. Kemudian juga sayuran dengan kadar air tinggi. Anda tidak perlu khawatir air ini akan menaikkan berat badan, karena yang dapat menaikkan berat badan adalah air yang menumpuk di dalam tubuh. Contoh sayuran dengan kadar air tinggi adalah mentimun, terong, dan labu. Bawang merah dan bawang putih juga cukup baik untuk diet, karena mengandung sulfide yang membantu proses penurunan berat badan.

Dalam mengonsumsi buah untuk diet pilihlah yang segar, bukan yang sudah dikeringkan, karena buah yang sudah dikeringkan sangat kaya kalori, hingga 9 kali lipat. Kombinasikan sayuran dan buah yang Anda konsumsi secara bervariasi supaya tidak bosan dan dapat menyelesaikan progam diet hingga akhir. Bila lapar menyerang, Anda dapat mengkonsumsi bauh-buahan di atas sebagai pengganjal rasa lapar. Selain itu berbagai macam buah-buahan diatas dapat dikonsumsi dengan cara membuat infused water.

Bila Anda merupakan penggemar sayur dan buah, carilah juga mengenai info buah dengan kalori tinggi sehingga Anda dapat membatasi konsumsi buah tersebut agar program diet Anda lebih berhasil. Tak lupa, kombinasikan usaha diet Anda dengan berolahraga agar tercapai hasil yang lebih optimal. Demikianlah artikel ini mengenai apa saja sayuran dan buah yang baik untuk diet, semoga Bermangfaat berguna dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x