loading...

NAUDZUBILLAH,,,Membicarakan Keburuk4n Orang Lain"" Ternyata Lebih Kej! Dari Pada Zin4 30 Kali...Berikut Penjelasannya....

Menurut imam Ghazali, dosa ghib4h yaitu lebih keji dari pada perbuatan zin4 yang dilakukan hingga 30 kali dan jaminannya tentunya neraka.

NAUDZUBILLAH,,,Membicarakan Keburuk4n Orang Lain"" Ternyata Lebih Kej! Dari Pada Zin4 30 Kali...Berikut Penjelasannya....


Fikirkan, menggunj! ng orang lain yaitu sama dengan dengan menginj4k-inj4k martab4t, keh0rmatan dan harga diri orang lain. Bila Anda digunj! ng orang lain, tentunya Anda akan tidak menerimanya terlebih bila gunj! ngan itu tidak cocok dengan sesungguhnya. 

Bila Anda yaitu orang pemaaf dan cuek dengan gunj! ngan orang lain itu, berarti Anda juga mudah untuk memaafkan orang yang menggunj! ng Anda. Tetapi bila Anda demikian marah dan tak dapat memaafkan orang yang menggunj! ng Anda, jadi selamanya orang itu akan terbebani oleh dosa. Sekian perihal waktu Anda menggunj! ng orang lain, Anda akan terbebani dosa selama orang yang Anda gunj! ng tak memaafkan Anda. 

Sebagai ilustr4si tentang dosa ghib4h ini, Qotadah melukiskan Anda pasti tak sukai waktu lihat teman atau saudara Anda m4yatnya penuh dengan ulat. Tentunya Anda juga tidak ingin atau akan tidak mengonsumsi b4ngkai yang penuh dengan ulat itu. Oleh karenanya, sudah sepatutnya agar Anda jangan sampai menggunj! ng orang lain apabila tidak ingin mengonsumsi b4ngkai yang penuh bel4tung waktu hari kiamat nanti. 

Firman Allah SWT dalam Surat Al Hujurat Ayat 12 : 

 " Hai beberapa orang yang beriman, jauhilah umumnya dari prasangka, sebenarnya beberapa prasangka itu yaitu dosa dan jangan pernah anda mencari-cari kekeliruan orang lain dan jangan pernah anda menggunj! ng orang lain. Sukakah salah seorang di antara anda mengonsumsi daging saudaranya yang sudah mati? Jadi pastinya anda terasa j! j! k kepadanya. Dan bertakwalah pada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. " 

Fitn4h akhir zaman mesti kita cermati. Untuk itu, sebagai orang Islam yang beriman pada Allah, jangan pernah sampai kita berprasangka jelek pada orang lain karena hal sejenis itu yaitu dosa besar. Demikian perihal jangan sampai kita menggunj! ng (ghib4h) orang lain, sebab dosa ghib4h sama dengan dengan merun " tuhkan keh0rmatan dan martabat orang yang digunj! ng itu. 

sekianlah informasi ini mudah mudahan bermanfaat serta berguna.. silakan click link serta berbagi..