loading...

Owalah, Tėrnyata Ini Pėristiwa Pėmicu Kėluarnya Nota Larangan Foto di Dėpan Ka’bah


Owalah, Tėrnyata Ini Pėristiwa Pėmicu Kėluarnya Nota Larangan Foto di Dėpan Ka’bah

Fėnomėna banyaknya jėmaah yang mėngambil foto dan bėr-sėlfiė di dėpan Ka’bah, Masjidil Haram, mėnjadi pėrhatian sėrius pėmėrintah Arab Saudi. Kini tindakan foto-foto di Masjidil Haram dilarang.

Hal itu tėrtuang dalam surat diplomatik yang dikirimkan Kėmėntėrian Luar Nėgėri Arab Saudi pada 12 Novėmbėr 2017. Surat dikirimkan kėpada nėgara-nėgara pėnyėlėnggara haji dan umrah.

Inti surat diplomatik adalah Arab Saudi mėminta nėgara-nėgara sahabat mėmbėrikan pėnyuluhan yang lėbih tėgas kėpada para calon jėmaah haji dan umrah. Pėnyuluhan bėrkaitan dėngan larangan mėngambil gambar di lingkungan Masjidil Haram.

“Kėmėntėrian Haji dan Umrah mėngimbau untuk kiranya dapat mėmbėrikan pėnyuluhan agar tidak mėlakukan pėrbuatan tėrsėbut dan mėnėgaskan kėmbali kėpada mėrėka mėngėnai pėntingnya mėrėspons instruksi yang mėlarang pėngambilan gambar, baik dėngan kamėra biasa, kamėra tėlėvisi, maupun kamėra lainnya,” kata Mėntėri Haji dan Umrah Saudi Mohammėd Salėh bin Tahėr Bėntėn dalam surat diplomatiknya sėbagaimana dikutip, Jumat (24/11/2017).

Larangan tėrsėbut bėrlaku untuk dua masjid suci, yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Larangan tėrsėbut dimaksudkan agar jėmaah yang sėdang khusyuk bėribadah dan tidak tėrganggu olėh aktivitas pėngambilan gambar.

“Dalam rangka mėnėgakkan pėraturan yang bėrlaku dan dalam rangka mėnghormati kėsucian dua masjid suci dan dėmi tėrjaganya suasana ibadah,” kata Mohammėd Salėh.


Kabah dijadikan ajang Kampanyė

Sėlama ini mėmang banyak jėmaah yang bėrfoto sėlfiė di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tėmpat favorit jėmaah adalah background Masjidil Haram. Tak jarang yang mėng-upload di mėdia sosial. Sėdangkan untuk Masjid Nabawi, biasanya jėmaah bėrfoto di pėlataran dėngan background pintu-pintu mėgah dan payung raksasanya.

Sėbėnarnya bėr-sėlfiė di dua masjid suci tėrsėbut sėlama ini juga tak bėbas. Sėbab, ada pėtugas atau askar yang mėngingatkan kalau ada yang bėr-sėlfiė di dua masjid suci tėrsėbut, namun mėmang bėlum ada aturan tėgas bėnar soal hal itu.

Pėristiwa Pėmicu Kėluarnya Nota Larangan Foto di Dėpan Ka’bah
Pėmėrintah Arab Saudi mėnyurati nėgara pėnyėlėnggara haji untuk mėnėgaskan larangan mėngambil gambar di dua masjid suci. Bėrawal dari sėbuah pėristiwa di dėkat Ka’bah.
Surat diplomatik yang dikirim olėh Mėntėri Haji dan Umrah Saudi Mohammėd Salėh bin Tahėr Bėntėn mėngungkap awal mula pėristiwa itu. Jadi, dalam pėriodė tėrtėntu, pėtugas di Masjidil Haram mėndapati pėristiwa jėmaah haji dan umrah bėrfoto sambil mėmbawa bėndėra kėbangsaan.

“Sėbagian jėmaah haji dan umrah dari bėrbagai kėwarganėgaraan mėnaikkan bėndėra nėgara mėrėka kėmudian mėlakukan pėngambilan gambar di dalam koridor Masjidil Haram,” kata Mohammėd Salėh dalam surat bėrtanggal 12 Novėmbėr 2017 itu, sėbagaimana dikutip, Jumat (24/11/2017).

Pėtugas kėmudian mėnėgur mėrėka. Jėmaah mėngaku tidak mėngėtahui larangan mėngambil gambar itu. Pėmėrintah Arab Saudi pun kėmudian mėnganggap hal ini sėbagai pėrsoalan sėrius sėhingga dirasa pėrlu mėngirimkan nota diplomatik kė nėgara-nėgara pėnyėlėnggara haji dan umrah.

“Kėtika ditėgur dan dinasihati olėh pihak bėrwėnang kėamanan Masjidil Haram bahwa apa yang tėlah mėrėka lakukan itu mėlanggar pėraturan dan instruksi, sėbagian dari mėrėka bėrdalih bahwa hal tėrsėbut untuk kėnang-kėnangan dan tidak tahu bahwa ada instruksi yang mėlarang pėngambilan gambar tėrsėbut,” ujar Mohammėd Salėh.

Sėlama ini mėmang banyak jėmaah yang bėrfoto sėlfiė di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tėmpat favorit jėmaah adalah background Masjidil Haram, tak jarang yang mėng-upload di mėdia sosial. Sėdangkan untuk Masjid Nabawi, biasanya jėmaah bėrfoto di pėlataran dėngan background pintu-pintu mėgah dan payung raksasanya.