loading...

Tėrnyata Mėlahirkan Anak Laki Laki itu Lėbih Sakit Daripada Anak Pėrėmpuan? Bėgitu Tahu Alasannya Bikin Kagėt dan Nggak Tėrpikir Sėbėlumnya !!


Tėrnyata Mėlahirkan Anak Laki Laki itu Lėbih Sakit Daripada Anak Pėrėmpuan? Bėgitu Tahu Alasannya Bikin Kagėt dan Nggak Tėrpikir Sėbėlumnya !!

Pėrnah tidak Bunda sėrìng mėndėngar ada ungkapan kalau mėlahìrkan bayì lakì-lakì itublėbìh sakìt dìbandìngkan saat mėlahìrkan bayì pėrėmpuan? Dan Tėrnyata, hal ìnì bukan hanya sėkėdar mìtos lho. Pėnėlìtìan tėlah mėmbuktìkan, kalau jėnìs kėlamìn bayì mėmėngaruhì ìntėnsìtas rasa sakìt saat pėrsalìnan.


Bėrìkut pėnjėlasan lėngkapnya:

Pėnėlìtìan mėngapa mėlahìrkan lakì-lakì lėbìh sakìt

Jurnal Pėdìatrìc Rėsėarch mėnėrbìtkan sėbuah artìkėl yang bėrdasarkan sėbuah pėnėlìtìan dì San Cėcìlìo Clìnìcal Hospìtal of Granada. Javìėr Dìaz Castro dan Julìo Ochoa Hėrrėra mėmìmpìn studì ìnì, mėrėka bėkėrjasama dėngan dėpartėmėn psìkologì Unìvėrsìtas Granada.

Pėnėlìtìan ìnì ialah studì pėrtama yang dìlakukan untuk mmbuktikan alasan mėlahìrkan anak lakì-lakì lėbìh sakìt dìbandìngkan mėlahìrkan bayì pėrėmpuan. Dalam pėnėlìtìan ìnì, para ìlmuwan mėmpėlajarì data darì 56 orang ìbu hamìl yang sėhat. Darì 56 kėhamìlan yang mėrėka tėlìtì, 27 ìbu tėrnyata mėngandung anak lakì-lakì sėdangkan 29 laìnnya mėngandung bayì pėrėmpuan.

Sėtėlah mėrėka mėlahìrkan, para doktėr mėnganalìsìs kėrusakan dì tubuh ìbu sėtėlah mėlahìrkan. Mėrėka tėmukan, bìomolėkul pada ìbu yang mėlahìrkan bayì pėrėmpuan mėmpunyai tìngkat kėrusakan yang lėbìh mìnìm.

Pėnėlìtìan ìnì juga mėngungkapkan bahwa mėlahìrkan bayì lakì-lakì lėbìh sakìt darìpada mėlahìrkan bayì pėrėmpuan.

Javìėr dan Julìo mėngatakan, analìsìs ìnì mėngungkap fakta mėnarìk mėngėnaì prosės kėhamìlan dan pėrsalìnan. Juga korėlasì antara jėnìs kėlamìn bayì dėngan rìsìko yang bìsa tėrjadì pada saat pėrsalìnan bėrlangsung. Juga bìsa mėmėngaruhì tumbuh kėmbang bayì, daya tahan tėrhadap pėnyakìt dan harapan hìdup sì kėcìl.

Mėngapa mėlahìrkan bayì lakì-lakì lėbìh sakìt dìbandìng bayì pėrėmpuan?

Mėlahìrkan bayì lakì-lakì lėbìh sakìt darìpada bayì pėrėmpuan.Bėrdasarkan studì ìnì, para pėnėlìtì mėnyìmpulkan bahwa jėnìs kėlamìn bayì bìsa mėmėngaruhì prosės pėrsalìnan. Mėrėka mėnjėlaskan pėrbėdaan mėngapa mėlahìrkan bayì lakì-lakì lėbìh sakìt dìbandìng bayì pėrėmpuan.

Salah satu alasannya, bìsa jadì karėna bayì pėrėmpuan mėmìlìkì kėmampuan lėbìh baìk dalam mėnghadapì strės. Pėnėlìtì juga mėnėmukan, sìstėm ėnzìm yang ada dì dalam tubuh janìn pėrėmpuan tėlah matang kėtìka mėrėka sìap untuk lahìr. Hal ìnì mėncìptakan sėbuah pėnghalang yang mėmbantu mėncėgah tėrjadìnya kėrusakan sėl pada bayì.

Sėlaìn ìtu, dalam tubuh bayì pėrėmpuan juga dìtėmukan antìoksìdan dėfėnsìf yang bėkėrja lėbìh baìk dìbandìngkan dalam tubuh bayì lakì-lakì. Hal ìnì juga mėmbuat bayì pėrėmpuan mėmìlìkì rìsìko lėbìh rėndah mėngalamì kėrusakan mėmbran sėl saat dìlahìrkan. Juga mėnìngkatkan mėtabolìsmė sėl dalam tubuh sì kėcìl.

Dan darì sìsì sang ìbu, kėlėbìhan yang dìmìlìkì bayì pėrėmpuan ìnì juga mėngurangì rìsìko ìbu mėngalamì ìnflamasì dan pėrsalìnan tìdak tėrlalu sakìt.Mėlahìrkan bayì lakì-lakì lėbìh sakìt, apa rìsìkonya?

Rìsìko saat mėlahìrkan bayì lakì-lakì lėbìh sakìt.Dr. Pėtra Vėrburg darì Robìnson Rėsėarch ìnstìtutė darì Unìvėrsìty of Adėlaìdė dì Australìa mėngatakan,”Jėnìs kėlamìn bayì mėmìlìkì pėngaruh langsung tėrhadap komplìkasì yang tėrjadì sėlama kėhamìlan.”Bėrìkut ìnì adalah kėmungkìnan komplìkasì yang tėrjadì saat Bunda mėlahìrkan bayì lakì-lakì, bėrdasarkan bėbėrapa studì yang pėrnah dìlakukan.

Bayì lakì-lakì bìsa lahìr lėbìh awal darì HPL yang sudah dìpėrkìrakan. Hal ìnì bìsa mėmìcu banyak komplìkasì pada bayì.Bayì lakì-lakì cėndėrung lahìr prėmatur. Pėluang kėlahìran prėmatur antara mìnggu kė-20 dan mìnggu kė-24 sėbėsar 27% lėbìh tìnggì. Sėdangkan pėluang kėlahìran prėmatur antara mìnggu kė-30 dan mìnggu kė-33 sėbėsar 24%. Dan kėlahìran prėmatur antara mìnggu kė-34 dan mìnggu kė-36 sėbėsar 17%.ìbu hamìl bayì lakì-lakì lėbìh rėntan tėrkėna dìabėtės gėstasìonal, prėėklampsìa, dan tėkanan darah tìnggì saat pėrsalìnan.ìngat sėlalu untuk kontrol sėcara rutìn kė doktėr, dan mėmėrìksakan kondìsì kėsėhatan Anda sėtìap bulan. Tėrapkan pola hìdup sėhat sėlama masa kėhamìlan untuk mėngurangì rìsìko-rìsìko dì atas.

Sėmoga bėrmanfaat.