loading...

WOW...!!! TERNYATA MENDENGKUR DAPAT DIATASI DENGAN 7 TIPS YANG SEDERHANA INI!



Mendengkur atau “ngorok” saat tidur yaitu keluhan yang mengganggu. Tidak hanya penderita, namun juga orang yang berbagi tempat tidur dengannya akan terganggu akan suara berisik orang yang mendengkur. Mendengkur dapat dialami pria maupun wanita, beberapa faktor menyebabkan keluhan mendengkur semakin kronis, misalnya pertambahan umur dan obesitas. Mendengkur membuat kualitas tidur penderita dan pasangannya menjadi terganggu, sehingga menurunkan kualitas hidup di pagi hari. 

Untuk itu ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan agar mendengkur tidak menjadi semakin parah, atau sembuh sama sekali. 


1. Mengubah posisi tidur 

Tidur terlentang bisa menyebabkan posisi lidah dan langit-langit lunak di dalam mulut menempel sehingga menghambat saluran napas Anda, sehingga menyebabkan Anda mendengkur. Bila Anda kesulitan tidur menyamping, Anda bisa mengganjal sisi tubuh satunya denan guling.

2. Perubahan gaya hidup 

Jauhkan diri Anda dari minuman beralkohol, serta lakukan penurunan berat badan bila Anda mengalami obesitas. Alkohol bertindak sebagai relaksan otot, yang memungkinkan jaringan lunak di bagian belakang mulut serta tenggorokan jatuh ke dalam. Ada pula jalinan pada obesitas serta mendengkur. Hal ini dipercaya kalau berat badan ekstra menempatkan lemak pada sekitar leher memberikan tekanan pada jaringan lunak di tenggorokan hingga mengakibatkan Anda mengorok di waktu tidur. 

3. Menghindari penyebab alergi dalam kamar tidur 

Mendengkur seringkali juga dapat disebabkan oleh alergi. Mengganti bantal serta kasur kapuk dengan bahan yang dapat membantu mencegah tungau debu, debu serta penyebab alergi lainnya menetap disana. Bila alergi yaitu penyebab mendengkur, alat pembersih hawa dirumah juga dapat membantu membantu mereduksi alergen penyebab mendengkur. 

4. Teh daun jelatang (Nettle leaf) 


Jika mendengkur yaitu disebabkan karena alergi cuaca, bukan karena alergen di kamar tidur, tingkat keparahan bisa mereda dengan minum teh daun jelatang sebelum tidur. Jelatang yang pedas, memiliki histori panjang dipakai dengan cara medis. Teh daunJelatang bekerja sebagai antihistamin serta meredakan saluran pernapasan yang meradang yang mengakibatkan mendengkur. 

5. Meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan 


Udara kering, terlebih di musim dingin, bisa menyebabkan membran hidung Anda teriritasi, hingga menimbulkan pernafasan yang terhambat yang pada akhirnya bisa menyebabkan mendengkur. Bernapas lewat mulut dengan hawa yang kering dapat mengiritasi tenggorokan Anda, menyebabkan ia mengerut serta mengurangi kelembaban alami di tenggorokan Anda. Satu solusi sederhana yaitu untuk meningkatkan kelembaban ruang dengan menggunakan humidifier portabel. 

6. Minyak thyme

Mendengkur bisa diperburuk oleh kelelahan. Untuk membantu relaksasi saat tidur di malam hari, beberapa orang sudah mendapatkan manfaat besar menggunakan minyak esensial. Minyak thyme khususnya sudah diidentifikasi begitu berguna. Tetesan minyak thyme biasanya dioles-oleskan pada kaki sebelum tidur, meskipun harus diperhatikan untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi, wanita hamil, serta anak-anak. 

7. Akupunktur 


Terkadang, sesudah mengalami iritasi sinus serta saluran pernapasan yang berkepanjangan, cairan bisa menumpuk dalam jaringan lapisan. Ini disebut edema, serta dapat menyempitkan aliran udara lewat saluran nafas, yang menyebabkan mendengkur. Akupunktur bisa membantu dalam kasus ini, dengan meningkatkan aliran darah ke jaringan itu, serta membantu menguras kelebihan cairan.


sumber : sehat-barokah.com