loading...

Berjuta Kuman pada Selembar Uang



Berjuta kuman pada selembar uang merupakan hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, kuman tersebut dapat berpindah melalui media uang, dari satu tangan ke tangan yang lainnya.

Hal ini harus diperhatikan secara lebih karena uang merupakan benda yang sangat penting di dunia yang sering dan selalu mengalami perpindahan dari satu tangan ke tangan yang lain, bahkan hingga berjuta-juta kali mengalami perpindahan.

Baik uang kertas maupun uang koin, keduanya sama-sama merupakan benda yang menjadi sarana transmisi kuman berbahaya, namun hal ini seringkali tidak disadari.

Dalam transaksi menggunakan uang yang dilakukan sehari-hari, ataupun transaksi yang dilakukan saat hari raya terjadi, seperti saat hari raya imlek atau lebaran, merupakan sebuah hal yang harus menjadi perhatian khusus, terutama pada anak-anak.

Pasalnya, uang merupakan salah satu benda yang paling sering berpindah tangan. Hal ini membuat jumlah dan jenis kuman berbahaya yang menempel di permukaan uang kertas maupun uang koin menjadi sulit untuk dipetakan. Bakteri, virus, bahkan jamur pernah dilaporkan dan ditemukan dari permukaan uang kertas ataupun koin.

Bakteri, virus, maupun jamur ini dapat ditransmisikan melalui kontak dari tangan ke tangan. Oleh karena itu, meskipun anak-anak merasa begitu senang ketika menerima amplop/angpao berisi uang, tetaplah untuk selalu mengingatkan mereka untuk selalu memperhatikan kebersihan tangan.

Penelitian pada tahun 2014 yang dimuat di jurnal Future Microbiolgy menunjukkan bahwa pada uang kertas ataupun uang koin, terdapat beberapa jenis bakteri dan virus yang dapat mencetuskan jenis penyakit tertentu, antara lain:
Bakteri Salmonella dan Eschericia coli yang dapat menyebabkan diare
Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan infeksi pada mata
Virus influenza dan Rhinovirus yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan
Virus Hepatitis A dan Rotavirus yang dapat menyebabkan diare

Oleh karena itu, mencuci tangan setelah memegang uang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan guna menghindari anak-anak dari berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit mata, penyakit saluran cerna, dan penyakit saluran pernapasan yang ditimbulkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur yang menempel pada uang.

Ayah dan Ibu perlu mengingatkan secara terus-menerus agar anak-anak dapat sebisa mungkin menghindari untuk memegang mata atau hidung, serta memasukkan tangan ke dalam mulut setelah memegang uang. Hal ini dilakukan agar anak dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri, virus ataupun jamur yang menempel pada uang yang anak tersebut pegang.

Selain itu, para orangtua jangan lupa pula untuk memberikan contoh dan juga memastikan anak-anak mencuci tangan setelah memegang uang, terutama sebelum:
Makan dan minum
Memegang mata
Memegang hidung

Kebersihan tangan setelah memegang uang harus mendapatkan perhatian yang lebih. Karena, jika uang yang baru dipegang oleh anak adalah uang yang telah dipegang oleh 5 tangan berbeda sebelumnya, dapat kita bayangkan jika dalam 1 tangan manusia terdapat sekitar 1 juta kuman, berapa banyak jumlah dan jenis kuman yang dapat kita temukan di selembar permukaan uang? Jadi, pastikanlah anak selalu mencuci tangannya setelah ia memegang uang.

sumber : .klikdokter.com