loading...

5 Cara Ubah Kamera Smartphone Pas-pasan Jadi Pintar dan Canggih



Saat ini hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan kamera belakang. Namun, ternyata tidak semua kamera tersebut memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. Tidak jarang kamera belakang dengan kondisi tersebut hanya jadi pelengkap saja.

Bagi Anda pengguna smartphone dengan kemampuan kamera pas-pasan, jangan berkecil hati. Dengan beberapa penyesuaian, kamera smartphone berkemampuan minim dapat dibuat jadi lebih canggih.

Berikut kami berikan 5 cara ubah kamera smartphone pas-pasan Anda jadi lebih berguna dan canggih, yang dikutip dari laman Make Use Of.

Alat Pindai Barcode

Saat ini tidak jarang ditemui informasi yang tersedia, ditampilkan dalam bentuk barcode. Untuk mampu memindai sebuah informasi dari barcode tidak dibutuhkan resolusi kamera tingkat tinggi.

Untuk itu, kamera smartphone Anda dapat mulai digunakan untuk melakukan hal ini. Sebagai persiapan, mulailah mencari beberapa aplikasi pemindai barcode yang ada di toko aplikasi. Smartphone Anda dapat menjadi alat pindai barcode berjalan.

Penyimpan Catatan Penting

Saat ini memang aplikasi menulis di smartphone sudah banyak tersedia. Akan tetapi, masih ada beberapa orang yang memilih menggunakan kertas dan pulpen untuk menulis.

Namun, kebiasaan ini punya satu kelemahan, yakni tidak ada cadangan informasi yang ditulis secara otomatis. Untuk itu, kamera smartphone dapat digunakan untuk menyimpan salinan informasi yang sudah ditulis.

Cukup diabadikan dengan kamera, Anda tak perlu takut kehilangan data yang sudah ditulis. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk catatan lain, seperti nota pembelian, daftar belanjaan, atau kontak dari orang-orang di sekitar Anda. 

Yang paling penting, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Semuanya dilakukan langsung dari kamera Anda.

Digunakan sebagai Dashcam

Ingin merekam perjalanan atau peristiwa yang mungkin terjadi selama perjalanan Anda menggunakan mobil? Tak perlu sebuah kamera video profesional, sebuah smartphoneberkamera dapat jadi alternatifnya.

Cukup menggunakan aplikasi seperti CamOnRoad, AutoGuard, atau CaroO, smartphoneAnda dapat diubah jadi kamera perekam perjalanan. 

Namun, untuk melakukan hal tersebut tentu saja dibutuhkan alat untuk meletakkansmartphone Anda dengan stabil di atas dashboard mobil.

Pengawas Bayi

Bagi orang tua yang sibuk akan sangat sulit untuk memantau keadaan bayinya setiap waktu. Untuk itu, smartphone berkamera dapat dijadikan alternatif untuk memantau kondisi bayi selama orang tua tidak bisa mengawasi.

Untuk melakukannya, Anda cukup menggunakan sebuah perangkat ekstra sebagai pengawas dan aplikasi seperti Dormi untuk membantu Anda melihat kondisi buah hati. 

Meski dengan menggunakan smartphone berkamera pas-pasan tidak mampu melihat dengan jelas gambar buah hati Anda, suara tangisan atau ketika muntah dapat diketahui.

Kamera Keamanan di Rumah Anda

Meski smartphone berkamera pas-pasan sering tidak mampu menangkap gambar dengan bagus, tapi sebagian sudah bisa merekam video dengan kualitas baik. Nah, tidak ada salahnya apabila smartphone dijadikan 'mata kedua' Anda di rumah.

Menggunakan aplikasi tambahan seperti Perch yang ada di Google Play Store, smartphone berkamera pas-pasan Anda bisa digunakan untuk memantau keadaan rumah saat ditinggal pergi.

Cukup diletakkan di tempat yang tepat untuk memantau, nantinya aplikasi Perch dapat memberitahukan Anda ketika mendeteksi gerakan. Informasi tersebut akan dikirimkan melalui internet ke komputer yang Anda daftarkan.

Sumber : tekno.liputan6.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x