loading...

Buah Lengkeng Alias Mata Kucing Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Baca Ini!



Bentuknya kecil seperti kelereng, warna kulitnya kuning kecoklatan, daging buah berwarna putih bening dan berair, rasanya manis serta bijinya berwarna hitam.

Ya, itulah buah Lengkeng atau sebagian orang menyebutnya Kelengkeng.

Sentra utama buah ini memang terdapat di Provinsi Guangdong, Guangxi, Sze-chuen dan Fujien, China. Tanaman ini kemudian menyebar ke negara-negara Indochina seperti Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam dan Taiwan.

Di Indonesia, lengkeng lebih cocok tumbuh di dataran tinggi yang iklimnya mendekati subtropis, seperti di negara asalnya.

Tahukah Anda buah lengkeng ternyata memiliki kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan, sehingga buah ini bisa disebut buah kesehatan.

Berikut khasiat buah lengkeng untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Mengatasi hilang nafsu makan, limpah lemah dan diare
Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

Mengobati luka bakar
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yang terbakar.

Mengobati luka luar yang tak kunjung sembuh
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

Bisa sembuhkan jari kaki gatal dan bernanah
Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

Atasi amnesia, penurunan mental, kecemasan (anxiety)
Ambil 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam air hingga menjadi kental. Kemudian minum tiap hari satu sendok.

Badan lemah atau memperbaiki berat badan setelah sakit
Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

Lemah dan kurang tenaga saat hamil
Minumlah setiap hari satu sendok tonik lengkeng pada pagi dan malam hari.

Sangat beragam bukan manfaat dari buah lengkeng. Memang sedikit sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini, namun jika di tempat anda adalah kota besar, tentu dengan mudah bisa mendapatkanya di supermarket atau pasar buah. Semoga bermanfaat.