loading...

Inilah Manfaat Tanaman Rosella Untuk Kesehatan, Khususnya Yang Memiliki Masalah Dengan Kolesterol



Muasal tanaman Rosella (hibbicus sabdarifa) adalah dari Afrika . Tanaman ini tak jarang dijadikan penghias rumah Karena bunganya yang indah . Di Indonesia sendiri, rosella termasuk tanaman yang cukup populer karena selain berfungsi sebagai hiasan , rosella kerap di manfaatkan untuk kesehatan .

Di berbagai Negara, rosella sudah diolah menjadi berbagai macam makanan juga minuman , misalnya dibuat selai atau jeli . Dijamaika di makan mentah dengan salad buah, terkadang juga di makan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue .

Di mesir , rosella dibuat menjadi minuman dingin atau hangat . sedangkan di Indonesia tanaman ini biasanya dibuat teh , masyarakat pun kerap menyebut olahan rosella dengan teh rosella .

Manfaat 

Bagian penting yang memiliki banyak khasiat dari rosella adalah bagian lopak bungan dan biji . kadungan flavonoid dalam bunga rosella terbukti mampu menurunkan kadar LDL Kolesterol serta mengurangi resiko penyakit jantung dalam rosella juga terdapat Vitamin A, Vitamin B , Vitamin C, Kalium, protein, juga zat besi yang kesemuanya berperan dalam menstabilkan tekanan darah . 

Tatkala usia lanjut , pengeroposan tulang juga dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi olahan bunga ini secara teratur. Kalsium, Vitamin D, dan zat besi yang terkandung dalam tanaman inilah yang bekerja menjaga tulang dari pengeroposan .

Kandungan yang paling menonjol dalam olahan rosella adalah Vitamin C . Kandungan Vitamin C dalam secangkir teh rosella mengandung enam kali lipat Vitamin C yang terkandung dalam sebuah jeruk . Kandungan Vitamin C dan beta karoten didalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Olahan 

Sudah diterangkan diatas bahwa rosella bisa dijadikan berbagai macam olahan . Di negeri asalnya, Afrika, olahan selai rosella dijadikan menu favorit. Dan jika Anda ingin mencoba membuatnya , berikut ini salah satu cara pengolahannya.

Selai Rosella 

Bahan : 
250 gram kuntum bunga rosella 
1 sdm tepung maizena 
Air 150ml
Gula pasir 150gram 
Air jeruk lemon/nipis 3sdm
1/4sdt vanilla pasta 
1/4sdt halus

Cara Membuat : 

Blender bunga rosella bersama dengan air dan tepung maizena sampai lembut dan halus.
Tuangkan ke dalam wadah dan tambahkan gula serta air.
Masak sampai mendidih . Kemudian campurkan jeruk nipis , pasta vanilla, dan garam 
Tunggu selama beberapa menit hingga mengental seperti saus lalu angkat. 
Dinginkan dan simpan di dalam wadah yang kedap udara. 
Siap untuk digunakan , misalnya untuk dioleskan pada roti .