loading...

Manfaat Markisa Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Diet, Begini Olahannya



Markisa Ada dua jenis Markisa di Indonesia yang umum diketahui, markisa ungu,(passiflora edulis) dan markisa kuning(passiflora falavicarva). Buah markisa yang berasa asam tetapi menyegarkan ini sering sering diolah menjdai jus atau sering dicampurkan pada minuman-minuman buah buah lainnya agar rasa minuman menjadi lebih enak. Buah markisa juga sering dibuat menjadi selai.

Manfaat 
Bagi pecinta buah markisa ini, tentu mengetahui bahwa buah ini memiliki kandungan zat yang baik bagi kesehatan. Buah markisa memang kaya akan manfaat kesehatan. Kandungan serat yang dimiliki buah markisa kuning sangat tinggi, sehingga sangat ampuh dalam mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti buang air besar, diare, sembelit, dan dapat mencegah wasir . mengkonsumsi buah markisa sangat efektif dalam membersihkan saluran pencernaan akan terjaga kesehatannya.

Buah markisa mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan merupakan sebuah senyawa yang bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat mencegah serta menghancurkan sel kanker didalam tubuh. Mengkonsumsi buah markisa secara rutin juga dapat mengobati sesak nafas atau asma, hal ini dikarenakan buah markisa mengandung vitamin C dan zat lain yang dapat memblokir histamine penyebab asma.

Sementara kandungan zat besi dalam buah markisa juga bermanfaat untuk mencegah anemia, karena kandungan zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah didalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan sel darah merah, maka tubuh akan sering mengalami kelelahan dan pusing.

Mengkonsumsi buah markisa secara rutin juga sangat bermanfaat dalam menjaga dayan tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit yang diakibatkan perubahan cuaca dan virus mengkonsumsi buah markisa disiang hari. Buah markisa memiliki efek ngantuk bagi yang mengkonsumsinya, maka sangat bermanfaat untuk dikonsumsi bagi penderita insomnia. Buah markisa juga bermanfaat bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet, buah markisa dapat dijadikan sebagai pendamping diet yang tepat, karena buah markisa kaya akan serat dan vitamin C serta rendah lemak, sehingga sangat ampuh dalam membantu membakar lemak didalam tubuh.

Olahan 
Markisa cocok sekali dibuat minuman krena rasanya yang manis dan menyegarkan. Berikut resep membuat sirup markisa.

Bahan:
500 isi markisa kuning dan segar 
100ml air gula pasir 

Cara membuat:
Campur isi markisa dan 500ml air lau diblender.
Tuangkan kedalam pada panic, masukkan gula pasir dan 500ml air, lalu rebus hingga mendidih.
Buang buihnya kemudian saring dengan saringan halus. 
sirup sudah siap, agar lebih nikmat tambahkan es sebelum diminum. (Sumber:reportaseterkini.net)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x