loading...

Jumat Ini Seluruh Tenaga Honorer di Pemko Bitung Dirumahkan



Jumat (1/4) besok 1.149 tenaga honorer di lingkungan pemerintah kotaBitung bakal tak bekerja lagi, ini dikarenakan kontrak mereka di tahun 2016 telah berakhir pada 31 Maret.

Beberapa honorer yang diwawancarai terlihat pasrah dan menyerahkan sepenuhnya nasib mereka kepada pemerintah.

"Saya tetap akan masukkan lamaran ulang sebagai honorer di Pemko Bitung. Sambil berharap kepada Tuhan tidak harapkan dari manusia untuk bisa diterima atau tidak," tutur Edison seorang Honorer, Kamis (31/3) kemarin.

Pria yang sudah delapan tahun menjadi tenaga honorer ini telah mengetahui nasib mereka bekerja sebagai honorer sampai 31 Maret 2016 lewat informasi dan penyampaian dari pimpinan tempatnya bekerja di Dinas Tata Ruang. Karena untuk tahun 2016 ini kontrak para honorer hanya tiga bulan terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Maret 2016.

"Tidak ada niat untuk melamar ditempat lain. Besok akan akan masukan bergas lamaran seperti pas foto, surat lamaran kerja dan materai," tukasnya.

Tenaga honorer lainnya di lingkungan sekretariat DPRD Bitungberharap masih bisa diterima kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi.

"Dengan pemerintahan yang baru pasti ada kemajuan untuk kotaBitung kedepan," tutur honorer.

Mengapa masih ngotot melamar sebagai tenagahonorer di lingkungan pemko Bitung karena saat ini sangat sulit mencari pekerjaan, selain itu dirinya sudah bekerja menjadi honorer di pemkot Bitungselama 10 tahun bekerja sejak 2006 sampe sekarang.

"Jadi sangat di sayangkan kalu di berhentikan, .untuk mencari pekerjaan yang lain sulit kecuali KEK sudah jadi bisa melamar disitu," urainya.

Jeffry Wowiling plt kaban kepegawaian pemko Bitungmembenarkan keberadaan honorer kontraknya sudah selesai.

"Mulai tahun ini kita mengubah sistem kontrak THL. Kalau tahun lalu berlaku per tahun, mulai sekarang hanya per triwulan. Jadi begitu habis satu triwulan, otomatis kontrak juga berakhir. Nah, supaya bisa bekerja lagi mereka harus memasukan lamaran. Disinilah upaya pembenahan berjalan. Sebelum dikontrak untuk triwulan berikut, kinerja mereka di triwulan sebelumnya akan dievaluasi. Kalau memang bagus, pasti dikontrak lagi," jelas Wowiling.

Namun demikian tidak semua tenaga kontrak akan dirumahkan khusus untuk guru dan tenaga medis berlaku pengeculian.

"Khusus guru dan tenaga medis tetap bekerja. Sebab kalau mereka tidak masuk, pendidikan dan pelayanan kesehatan akan terganggu. Jadi dari 1.146 THL, hanya 817 yang tidak masuk kantor mulai besok (hari ini,red). 68 guru dan 258 tenaga medis tetap bekerja seperti biasa," jelasnya.

Kebijakan merumahkan ini sudah diberitahu ke seluruh SKPD, lewat surat bernomor 800/bkd-pp/140 tertanggal 31 Maret 2016. Adapun untuk tahapan perekrutan baru sudah dimulai sejak hari ini. Para THL yang dirumahkan harus memasukan berkas yang terdiri dari surat lamaran, ijazah terakhir, pas foto dan meterai. Pemasukan tersebut ditunggu sampai Senin (04/04) pekan depan.

Sumber : manado.tribunnews.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x