loading...

Selalu Merasa Ngantuk? Ini Penyebabnya



Sedang di tengah ruang rapat, menyimak presentasi, tak lama mata mulai tidak bersahabat dan merasa ngantuk. Hasilnya, konsentrasi terus berkurang meski segala cara sudah Anda coba demi membuat mata tetap melek.

Ternyata, inilah penyebab mengapa Anda selalu merasa ngantuk saat beraktivitas.

Kurang minum

Ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson, RD, menjelaskan bahwa dehidrasi memengaruhi tingkat efisiensi jantung saat memompa. Bila jumlah cairan yang diperlukan tidak mencapai kebutuhan, maka oksigen dan nutrisi pun akan sulit bergerak menuju organ dan otot, akibatnya tubuh terasa lemas dan mudah lelah.

Kurang zat besi

Sama halnya dengan cairan, zat besi juga mendukung perjalanan oksigen ke otot dan sel-sel tubuh. Bila tubuh kekurangan zat besi, maka Anda akan mudah merasa lesu, lemah dan sulit untuk fokus. Oleh karena itu, tingkatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Melewatkan sarapan

Sehabis makan malam, Anda memang tidak melakukan aktivitas yang membakar kalori. Namun selama beristirahat, makanan tersebut mendukung tubuh untuk bekerja melancarkan aliran darah dan oksigen. Hasilnya, saat bangun pagi, Anda merasa lapar. Bila kemudian Anda melewatkan sarapan dan membiarkan perut kosong, maka tak heran bila lalu Anda merasa lemas tak berdaya sepanjang hari.

Konsumsi makanan cepat saji berlebih

Makanan cepat saji banyak yang mengandung gula dan karbohidrat dengan indeks glikemik yang tinggi, hingga dapat menyebabkan terjadinya lonjakan pada gula darah. Oleh karena itu, pastikan gula darah Anda tetap stabil dengan memahamiindeks glikemik pada makanan yang Anda konsumsi.

Ketergantungan pada kopi

Terlalu sering mengonsumsi kopi, khususnya di sore hari, hanya akan mengganggu kenyamanan tidur Anda di malam hari. Akibatnya, Anda jadi susah tidur, waktu tidur pun berkurang dan akhirnya, Anda mengantuk di jam-jam tertentu yang membutuhkan konsentrasi penuh.

Sumber : 1health.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x