loading...

Penyebab salah Bantal dan pola penanganan sampai tuntas..!!!


Saat tidur kita tidak sadar saat melakukan perubahan posisi dan posisi leher yang salah akan menyebabkan sakit leher di pagi hari pada saat bangun tidur. Rasa sakit di tengkuk kadang disertai pusing sangat tidak nyaman saat beraktifitas.

Orang biasa menghubungkan nyeri leher ini dengan "salah bantal". Memang ada benarnya salah posisi bantal bisa menyebabkan ketegangan otot leher meskipun bisa saja saat menjelang tidur kita sudah benar menggunakan bantal tetapi terjadi perubahan posisi saat tidur yang menyebabkan leher tertekuk dalam waktu lama.

Posisi leher yang salah ini menyebabkan ketegangan berlebihan otot disekitar leher, tengkuk, bahu dan daerah sekitarnya yang menimbulkan rasa sakit.

Obat sakit leher / Cara mengatasi nyeri leher

Kebanyakan sakit leher setelah bangun tidur tidak berbahaya dan sebagian besar dapat sembuh dengan sendirinya tetapi sakit leher yang berat dan terus menerus perlu observasi dan penanganan dokter. Untuk sakit leher biasa hal-hal berikut dapat mengurangi rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan

1. Kompres Dingin dan Hangat

Masukan es dalam plastik yang telah diberi sedikit air dan taruh di tempat yang sakit. Pemberian kompres dingin bertujuan untuk mengurangi rasa sakit serta menghambat pembentukan asam laktat. Setelah kompres dingin lanjutkan dengan kompres hangat. Secara alami otot akan mengendur saat dihangatkan. Kompres hangat pada bagian leher yang sakit mampu meredakan ketegangan otot pada leher. Mandi dengan air hangat juga dapat mengurangi ketegangan otot.

2. Pijat ringan 

Pemijatan melancarkan aliran darah ke bagian yang dipijat. Minta bantuang orang lain untuk memijat leher dan bahu anda.


3. Streching

Streching atau peregangan membantu mengembalikan elastisitas otot leher sehingga rasa sakit akan berkurang. Lakukan Streching dengan perlahan untuk menghindari cedera.

4. Gerakan Terapetik

Setelah melakukan streching lanjutkan dengan gerakan kepala. Gerakan yang benar dapat mempercepat penyembuhan.

- Gerakan kepala ke atas dan kebawah, dagu keatas kearah langit-langit kemudian turun tempelkan dagu di dinding dada. Lakukan berulang-ulang

- Pada saat menunduk, gerakan kepala kesisi samping kanan dan kiri. Gerakan ini akan meregangkan otot belakang leher. Kemudian tengadahkan kepala dan gerakan kesamping kanan dan kiri untuk meregangkan otot bagian depan.

- Putar kepala dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Lakukan gerakan-gerakan tersebut dengan perlahan-lahan.

Pencegahan

- Gunakan bantal yang empuk dan lembut.

Bantal yang empuk akan menyebarkan beban diseluruh permukaan leher dan kepala. Selain menghindari tertekuknya leher, bantal yang empuk juga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

- Lurus

Pada saat akan tidur sebaiknya posisikan tubuh miring dengan menjaga agar tulang punggung, leher dan kepala tetap berada dalam garis lurus. Posisi kepala tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Semoga bermanfaat...!!


Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x