loading...

Terungkap! Ini Lho 7 Penyebab Utama Ketiak Hitam



Pernah nggak merasa kurang percaya diri dengan ketiak yang hitam? Bahkan saat di rumah mau pakai tank top rasanya malu sendiri karena ketiak hitam. Ketiak hitam ini penyebabnya bisa bermacam-macam. Dan yang sering tidak kita sadari, penyebabnya bisa berasal dari kebiasaan sehari-hari kita sendiri.

Dilansir dari boldsky.com, ada tujuh penyebab utama ketiak hitam. Langsung saja ikuti info lengkapnya di sini, ya.

1. Kebiasaan Mencukur

Sering mencukur rambut ketiak? Hm, kebiasaan ini ternyata bisa jadi penyebab ketiak jadi hitam. Alasannya karena mencukur bisa membuat kulit iritasi dan membuat warna kulit berubah.


2. Acanthosis Nigricans

Apa itu Acanthosis Nigricans? Ini merupakan suatu kondisi di mana kulit menjadi gelap, tebal, dan seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti area selangkangan, leher, dan ketiak. Penyebabnya bisa karena kelebihan berat badan atau tingginya kadar insulin dalam darah seperti pada pengidap diabetes tipe 2.

3. Hormon yang Tidak Seimbang

Seseorang dengan hormon yang tak seimbang atau punya gangguan hormon seperti hypothyroidism dan Addison's disease lebih rentan mengalami masalah ketiak hitam.

4.Jarang Melakukan Eksfoliasi

Banyaknya keringat di ketiak bisa menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran. Kalau tidak dieksfoliasi atau diangkat sel-sel kulit mati serta kotorannya secara rutin, maka akan berdampak pada perubahan warna ketiak jadi menghitam.

5.Penggunaan Deodoran

Penggunaan deodoran atau bedak anti keringat yang berlebihan bisa memberi dampak negatif pada ketiak. Penumpukan bahan kimia ini bisa membuat ketiak jadi menghitam.

6.Infeksi karena Bakteri

Eritrasma merupakan infeksi pada lapisan kulit paling atas yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum.Kondisi ini bisa membuat warna kulit berubah atau jadi kehitaman.


7.Waxing yang Berlebihan

Dalam sejumlah kasus, waxing bisa membuat warna kulit ketiak berubah. Apalagi jika proses waxing tak dilakukan dengan benar, sel-sel kulit di area ketiak bisa rusak.


Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x