loading...

Kulkas Harus dicabut Kalau Sedang tidak Dipakai? 90% Orang Salah Persepsi! Kulkas yang Gak Dipakai Lebih Baik Diatur Seperti Ini !

Melakukan perjalanan selama sepekan atau sebulan bersama keluarga, berarti Anda meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Pikirkan makanan dan minuman yang ada di dapur, termasuk di kulkas.


Berikut cara mengosongkan kulkas selama Anda berpergian, seperti diulas Wikihow:

Lemari pendingin

Keluarkan semua bahan makanan yang mudah rusak. Bahan makanan ini memerlukan suhu dingin sehingga harus selalu di simpan di kulkas. Daya tahannya pun tidak lama sehingga harus digunakan sesegera mungkin, misalnya produk susu, buah-buahan, daging, dan lain-lain.

Atur suhu kulkas menjadi 3 derajat Celsius. Suhu ini akan tetap dingin jika Anda menyimpan bahan makanan yang tidak mudah rusak, misalnya makanan kalengan, sereal, dan lainnya. Cara ini bisa menghemat uang karena tidak membutuhkan suhu terlalu dingin untuk menjaga makanan tetap segar.

Freezer

Keluarkan bahan makanan yang mudah mencair dari freezer, seperti es krim atau es loli favorit anak-anak. Atur suhu freezer menjadi -15 derajat Celsius atau di bawahnya. Mengubah suhu berarti Anda menghemat penggunaan energi. Makanan di dalamnya juga masih akan tetap dingin.

Sementara itu, matikan kulkas jika Anda berpergian selama beberapa pekan. Kosongkan kedua bagian, baik freezer maupun lemari pendingin, dari makanan dan bahan masakan lainnya.

Dan, untuk membantu kulkas terhindar dari jamur serta bau tidak sedap, ada caranya. Letakkan selembar koran lalu beri beberapa buah arang briket di atasnya, lalu masukkan ke kulkas. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan baking soda, karena fungsinya sama. Setelah itu, keluarkan surat kabar dan arang briket. Lap sisa arang yang menempel pada dinding dan rak kulkas.

Bila memang tidak ada makanan di dalam kulkas, cara terbaik bila Anda meninggalkan rumah adalah cabut kabelnya. Lepaskan juga colokan lain yang berdekatan dengan kulkas untuk menghindari terjadinya arus pendek atau sesuatu yang tidak diinginkan selama Anda berpergian. Hidupkan kulkas ketika Anda kembali.

Anda mungkin sedikit kesal karena perlu membeli bahan makanan lagi. Namun, Anda juga akan lebih tahu dan bisa mengatur ulang makanan segar di dalam kulkas dan freezer.