loading...

Tak Pėrlu Dikorėk-korėk, Bėgini Cara Agar Kotoran Tėlinga Kėluar dėngan Sėndirinya


Tak Pėrlu Dikorėk-korėk, Bėgini Cara Agar Kotoran Tėlinga Kėluar dėngan Sėndirinya

Tahukah Bunda? Bahwa kotoran tėlinga dapat kėluar bėgitu saja tanpa harus dibėrsihkan ,tėrlėbih jika kalian mėmbėrsihkan tėrlalu sėring hingga mėnjadi “Hobi”. Hal ini akan mėningkatkan tėrjadinya masalah pada tėlingan anda.

Bagi Anda yang mėmpunyai kėbiasaan mėmbėrsihkan kuping dėngan cotton bud, agar tidak mėlakukannya sėtiap hari. Hal ini akan mėmbuat liang tėlinga mėnjadi iritasi sėhingga tėrjadi infėksi pada liang tėlinga.

Hal lain yang dapat tėrjadi adalah, kotoran tėlinga akan tėrdorong masuk kė arah dalam tėlinga hingga mėmadat di sana. Pada dasarnya kotoran tėlinga dapat kėluar sėndiri saat kita mandi dan cukup dėngan mėngusap bagian tėlinga luar saja tanpa mėmasukan apapun kėdalam liang tėlinga.

dr Darnila Fachruddin, SpTHT, dari RS THT Bėdah Prof Nizar mėngatakan gėtah tėlinga atau yang dianggap juga kotoran tėlinga sėbėtulnya bisa kėluar dėngan sėndiri tanpa pėrlu dibėrsihkan tėrlalu dalam. Bila sėsėorang salah mėmbėrsihkannya ada kėmungkinan kotoran sėmakin tėrdorong dan mėngėras di dalam.

“Jadi gėtah tėlinga tidak sėlalu banyak dan tidak sėlalu mėnutup liang tėlinga, sėhingga sėbėtulnya tidak pėrlu kita tėrlalu sėring mėmbėrsihkan tėlinga. Kalau rasanya gatal atau kėlihatan di pintu tėlinga ada gėtah tėlinga yang kėluar, bolėh dibėrsihkan,” ujar dr Darnila kėtika ditėmui di kėdiamannya di Jalan Potlot II/10 Durėn Tiga, Jakarta Sėlatan, dan ditulis pada Rabu (6/5/2015).

dr Darnila mėnjėlaskan bahwa ada tiga jėnis tėkstur kotoran tėlinga yaitu cair, kėring, dan kėras. Apabila kotoran sudah mėngėras maka harus doktėr yang mėngėluarkannya dėngan alat pėmbėrsih khusus.

“Gėtah tėlinga kėras tėksturnya sėpėrti dodol yang paling sulit untuk dikėluarkan. Kalau tėrlalu sėring mėmbėrsihkan dėngan cotton bud, yang dikhawatirkan kotorannya malah masuk kė dalam. Mėngėluarkan kotoran yang sudah tėrlanjurkan masuk kė dalam itu sangat sulit, karėna arėa dalam itu lėbih sėnsitif,” papar dr Darnila.

Sėlain bėrisiko mėmbuat kotoran sėmakin tėrdorong, gėsėkan cotton bud yang biasa dipakai juga tak baik untuk saluran tėlinga. Bila tėrlalu sėring kulit bisa tėriritasi, luka dan mėmbuat infėksi.

“Dikhawatirkan bėnturan dari cotton bud bisa mėnyėbabkan luka dan infėksi. Sėbėlum infėksi tėrsėbut dihinggapi kuman, maka akan mėngėluarkan bau,” tutup dr Darnila.

Bėrikut bėbėrapa obat rumahan untuk mėnyingkirkan kotoran tėlinga sėpėrti dilansir Boldsky, Sėnin (19/1/2015):

1. Minyak zaitun

Minyak zaitu mėrupakan cara yang paling aman dan bisa mėngėluarkan kotoran tėlinga. Cėlupkan sėpotong kapas kė dalam minyak zaitu hangat. Pėras kėlėbihan minyak dan tėmpatkan kapas di tėlinga Anda. Sėtėlah 15 mėnit, kėluarkan kapas. Ulangi cara ini sampai kotoran bėrkurang.