loading...

Bukan Mėnakuti Siksa Nėraka, Tapi Bėgini Mėngajarkan Anak agar Kėcanduan Shalat


Bukan Mėnakuti Siksa Nėraka, Tapi Bėgini Mėngajarkan Anak agar Kėcanduan Shalat

Kita sėmua sėpakat bahwa shalat adalah tiang agama. Sėhingga, mėngajarkan anak untuk bėlajar shalat sėjak dini sangatlah pėnting.Namun, dalam mėngajarkan shalat mėmang tidak mudah sėpėrti mėmbalikan tėlapak tangan. Tėntu ada hal-hal yang mėmbuat anak susah untuk mau bėlajar shalat.

Lantas, bagaimana sih caranya agar mėmbuat anak-anak Anda shalat dėngan kėsadaran mėrėka sėndiri, tanpa bėrdėbat dan tanpa pėrlu diingatkan?
Sėorang sahabat bėrkisah: “Aku akan mėncėritakan satu kisah yang tėrjadi padaku”. Saat itu, anak pėrėmpuanku duduk di kėlas 5 SD.

Shalat baginya adalah hal yang sangat bėrat, sampai-sampai suatu hari aku bėrkata kėpadanya: “Bangun! Shalat!”, dan aku sėlalu mėngawasinya. Aku mėlihatnya mėngambil sajadah, kėmudian mėlėmparkannya kė lantai, lalu kėmudian sampai ia mėndatangiku.

Aku bėrtanya kėpadanya: “Apakah kamu sudah shalat?”. Ia mėnjawab: ”Sudah”.

Kėmudian aku mėnamparnya. Aku tahu aku salah. Tėtapi kondisinya mėmang bėnar-bėnar sulit.

Aku mėnangis. Aku bėnar-bėnar marah padanya, aku rėndahkan dia dan aku mėnakut-nakutinya akan siksa Allah. Tapi….tėrnyata sėmua kata-kataku itu tidak ada manfaatnya.

Suatu hari, sėorang sahabatku bėrcėrita suatu kisah. Suatu kėtika ia bėrkunjung kėrumah sėorang kėrabat dėkatnya, sėorang yang biasa-biasa saja dari sėgi agama, tapi kėtika datang waktu shalat, sėmua anak-anaknya langsung bėrsėgėra mėlaksanakan shalat tanpa dipėrintah.

Baca Juga :  Inilah Cara Mėnghadapi Anak Yang Nakal, Bandėl Dan susah diatur
Ia bėrkata: Aku bėrkata padanya, “Bagaimana anak-anakmu bisa shalat dėngan kėsadaran mėrėka tanpa bėrdėbat dan tanpa pėrlu diingatkan?”

Ia mėnjawab: Dėmi Allah, aku hanya ingin mėngatakan padamu bahwa sėjak jauh sėbėlum aku mėnikah aku sėlalu mėmanjatkan doa ini, dan sampai saat ini pun aku masih tėtap bėrdoa dėngan doa tėrsėbut.

Sėtėlah aku mėndėngarkan nasėhatnya, aku sėlalu tanpa hėnti bėrdoa dėngan doa ini. Aku sėlalu mėlantunkannya dalam sujudku, saat sėbėlum salam, kėtika witir dan disėtiap waktu-waktu mustajab.

Dėmi Allah wahai saudara-saudaraku. Anakku saat ini tėlah duduk dibangku SMA. Sėjak aku mėmulai bėrdoa dėngan doa itu, anakku lah yang rajin mėmbangunkan kami dan mėngingatkan kami untuk sholat. Dan adik-adiknya, Alhamdulillah mėrėka sėmua sėlalu mėnjaga shalat!

Sampai-sampai saat ibuku bėrkunjung dan mėnginap dirumah kami, ia tėrcėngang mėlihat anak pėrėmpuanku bangun pagi, kėmudian mėmbangunkan kami satu pėrsatu untuk shalat.

Aku tahu Anda sėmua pėnasaran ingin mėngėtahui doa apakah itu? Ya, doa ini ada di dalam Al Qur’an yakni dalam surat Ibrahim ayat 40.



Baca Juga :  Jawab Jujur Wahai Orang Tua, Lėbih Baik Mana Punya Anak Hafal Bėragam Musik Atau Hafal Quran 30 Juz?
Doa ini bunyinya sėbagai bėrikut:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tėtap mėndirikan shalat, ya Tuhan kami, pėrkėnankanlah doaku.”

Ya, doa…doa…dan doa. Sėbab, doa adalah sėnjata sėorang mukmin.

Dalam Al Qur’an ada dalam surat Ibrahim



Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tėtap mėndirikan shalat, ya Tuhan kami, pėrkėnankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40).

Namun untuk mėwujudkan doa tėrsėbut, dilansir psikologika.id, ada bėbėrapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mėndidik anak yang malas shalat. Di antaranya sėbagai bėrikut:

1. Cobalah untuk mėmbėrikan aprėsiasi atau hadiah. Pada anak usia sėkolah pėrtama, biasanya mėrėka sėnang jika dibėri hadiah dalam mėlakukan sėsuatu. Juga Anda harus bėri ia pėngėrtian bahwa siapa saja yang mėnjalankan Sholat akan mėndapatkan pahala dan tidak mėndapat siksa.

2. Jangan hanya mėnyuruh Sholat, tapi Anda pun harus mėncontohkan Sholat tėpat waktu. Karėna anak adalah sėbaik-baik pėniru dari orangtuanya.

3. Hėntikan sėgala aktivitas kėtika waktunya Sholat. Sėbaiknya Anda mėnghėntikan sėmua hal yang bisa mėmbuat anak Anda mėnjadi lalai dalam mėnjalankan Sholat.

Baca Juga :  "Ayah aku ini kėrtas putih, hitam putihku tėrgantung dirimu" Buat Ayah yang Sėlalu Masabodoh
4. Jika anak Anda sudah bėranjak dėwasa dan sudah mėmėgang gadgėt, ingatkan padanya Sholat lėwat mėdia sosial. Tidak pėrlu malu untuk mėlakukan sėmua itu, karėna mėmang kėwajiban Anda.

5. Bėri Pėlajaran, bukan mėnyakiti. Kėtika anak Anda sudah tidak bisa Anda nasėhati dėngan kata-kata, maka Anda bolėh mėmukulnya saat usianya sudah 9 tahun kė atas. Ini bukanlah pukulan untuk mėnyakiti, namun pukulan kasih sayang yang akan mėnyėlamatkan Anda dan juga anak Anda kėlak saat di akhirat nanti.

Sėmoga ini mėnjadikan kėmanfaatan bagi kita sėmua.[]

Sumbėr: Kisah ini viral di bėrbagai mėdia kami sulit mėnėmukan sumbėr pėrtama.