loading...

5 Manusia `Berwajah` Buruk Menurut Rasul



Baik buruk manusia di mata Allah tak ditentukan oleh apapun, kecuali amal.

Baik buruk manusia di mata Allah tak ditentukan oleh apapun, kecuali amal. Dalam sejumlah hadis, Rasulullah sudah menjelaskan sejumlah ciri manusia, baik yang baik maupun yang buruk.

Tentu saja, Rasul bermaksud mendorong umatnya untuk menjadi manusia beramal baik dan menjauhi segala perbuatan yang dilakukan oleh mereka yang berperilaku buruk.

Salah satu ciri manusia yang memiliki "wajah" buruk adalah para munafik. Golongan ini punya dua muka, sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim ini:

"Kalian akan mendapati seburuk-buruk manusia adalah orang-orang yang bermuka dua. Dia mendatangi kelompok yang ini dengan satu wajah, dan mendatangi kelompok lainnya dengan wajah lain pula."

Golongan ini tidak memiliki pendirian dan keteguhan dalam iman. Sehingga apabila berkumpul dengan orang-orang saleh, mereka seakan-akan menjadi bagian dari orang-orang saleh.

Tapi, apabila berkumpul dengan orang-orang kafir, mereka bisa menjadi lebih dahsyat kefakirannya dibandingkan kaum kafir itu sendiri. Oleh sebab itu, Allah SWT mengancam bahwa kelak kaum munafik akan dimasukkan ke dasar neraka yang terdalam.

Selain kaum munafik, Rasul juga menjelaskan ciri sejumlah golongan yang memiliki "wajah" buruk.


sumber : dream.co.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x