loading...

Mulai Sekarang Harus tahu..!!!!!! Ketahanan jam tangan terhadap kedalaman Air.



Info Water Resist

Pada setiap bagian belakang case jam tangan biasanya akan ditemukan keterangan atau tulisan “Water Resistant”. Tahukah Anda, bahwa ketahanan air setiap jam tangan berbeda-beda? Tahukah bahwa setiap jam tangan yang ada tulisannya Water Resist belum tentu bisa digunakan berenang? Lalu apakah Anda mengetahui arti tulisan Bar, ATM atau 100m yang tertulis di bagian belakang beberapa jenis arloji? Tahukah bedanya WaterProof dengan Water Resistant? Bila jawabannya Tidak, maka baca terus artikel kali ini karena kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai ketahanan air jam tangan.

Water Resistant Vs Water Proof

Berdasarkan ISO (International Organization for Standardization), sebutan Water Proof sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1990 dan sudah banyak negara yang mengikutinya. Apabila Anda melihat pada back case arloji tertulis Water Proof (bukan Water Resistant), berarti jam tersebut dibuat pada tahun sebelum 1990 atau negara pembuat jam tersebut tidak mengikuti standar internasional. Jadi, pengertian Waterproof dan Water Resistant kurang lebih sama saja, hanya perbedaan penyebutan saja. Untuk arloji yang beredar saat ini yang kami ketahui hampir semuanya menggunakan istilah Water Resistant.

ATM / Bar / Meter (m)?

Untuk menandakan ketahanan air sebuah jam tangan digunakan satuan tekanan Atmosfer (ATM), Bar dan juga meter (m). 1 ATM = 1,01325 Bar = kurang lebih 10 m. Kalau dibulatkan menjadi 1 ATM = 1 Bar = 10 m.

Jam Tangan yang hanya bertuliskan Water Resistant saja (dibelakangnya tidak ada tulisan 5/10 BAR / ATM / m) pada umumnya tidak dapat digunakan untuk berenang. Untuk penjelasan lebih detilnya ada dibawah. Untuk informasi keterangan tulisan ketahanan air pada sebuah arloji dapat dilihat pada bagian back case atau penutup jam seperti gambar dibawah.

jam 100% Original, garansi uang kembali kalau terbukti KW. anti air

Keterangan Water Resistant

Klasisifikasi Water Resistant

Jam tangan bertuliskan Water Resist 100 m bukan berarti arloji tersebut dapat digunakan untuk menyelam sampai kedalaman 100 m. Namun yang dimaksudkan adalah 100 m tekanan air (bukan kedalaman aktual). Oleh karena itu banyak produsen jam yang memilih menggunakan satuan tekanan (Bar atau ATM) dibanding satuan meter (m) yang lebih sering di analogikan sebagai satuan jarak.
Klasifikasi ketahanan air jam tangan ditentukan oleh masing-masing produsen jam.

Karena tidak ada badan pemeriksa resmi yang menyatakan standar Water Resist tiap arloji yang di produksi, secara garis besar klasifikasinya dibagi seperti dibawah:

Splash Resistant, Water Resistant 3 Bar / 3 ATM / 30 m atau hanya tertulis Water Resistant saja: Tahan air untuk kegiatan sehari-hari, hujan, percikan air. Tidak cocok digunakan pada saat berenang atau terkena air bertekanan, misalnya terkena semprotan air dari selang.

Water Resistant 5 Bar / 5 ATM / 50 m: Dapat digunakan untuk berenang di kolam renang atau di perairan dangkal dan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan air, misalnya memancing. Tidak cocok digunakan untuk snorkeling dan terkena air bertekanan tinggi.

Water resistant 10 Bar / 10 ATM / 100 m: Dapat digunakan untuk berenang, snorkeling dan pada kegiatan olahraga air yang bersifat rekreasi. Kurang cocok digunakan pada kondisi terpapar air bertekanan ekstra tinggi, misalnya pada olahraga Jet Ski profesional.




Water Resistant 20 Bar / 20 ATM / 200 m: Dapat digunakan pada segala macam aktifitas kelautan profesional dan skin diving (menyelam cukup dalam namun tidak menggunakan tabung).

Catatan penting:

Ketika berada di dalam air, jangan mengoperasikan tombol atau putaran jam. Karena tombol / putaran dapat membuat celah yang mengakibatkan air masuk ke dalam case arloji. Khususnya untuk jam tangan yang sudah lama dipakai. Sebelum dibawa masuk ke air, sebaiknya periksa dulu posisi tombol dan putaran apakah sudah pada posisinya (tidak terbuka / tertarik). Hal ini berlaku untuk semua jenis jam tangan Water Resistant, kecuali pada buku manualnya ada keterangan aman digunakan di dalam air (misalnya pada jenis Diver’s Watch / jam untuk menyelam).

Tidak disarankan menggunakan jam saat sedang mandi atau keramas, karena kandungan kimia dari sabun dan shampoo dalam jangan panjang bisa merusak karet seal arloji.

Jam tangan yang didesain secara khusus untuk menyelam menggunakan tabung, pada back-case nya akan tertulis Diver’s Watch atau Dive Watch. Untuk klasifikasinya sebagai berikut:

Diver’s 100 m / 150 m: Dapat digunakan untuk Scuba Diving (menyelam dengan tabung). Jam yang bertuliskan Diver’s 100 m atau 150 m biasanya adalah arloji yang keluaran lama.

Diver’s 200 m / 300 m: Dapat digunakan untuk Scuba Diving, memiliki proteksi yang lebih baik dibanding Diver’s 150 m. Tidak cocok digunakan untuk Saturation Diving.

Diver’s > 300 m: Dapat digunakan untuk Saturation Diving (penyelaman dalam yang menggunakan tabung dengan campuran gas helium)


sumber : .ijinshare.xyz

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x