loading...

Begini Caranya Buat Kaldu Ayam Bubuk Sehat Tanpa MSG


Ketika masak, tentu kalian sering menambahkan kaldu bubuk baik rasa ayam maupun daging untuk memperlezat dan membuat makanan lebih gurih. Sayangnya, kaldu ayam bubuk pabrikan tidak baik karena tentunya mengandung MSG dan juga bahan pengawet. Tapi tenang, kalian bisa kok buat kaldu bubuk sendiri. Tentunya lebih sehat karena tanpa bahan pengawet dan MSG ya. Berikut bahan-bahan serta cara lengkap membuat kaldu bubuk sendiri...

Siapkan bahan berikut :

- 300 gram daging ayam tanpa tulang, tanpa kulit dan lemak 
- 25 siang bawang putih
- 1 buah wortel
- daun bawang
- daun seledri
- 1/2 bawang bombay 
- 2 sdm garam


1. Potong-potong bahan

2. Masukkan semua bahan kedalam food processor. Haluskan. (atau yang tidak memiliki food processor bisa menggunakan blender dengan menambahkan air)

3. Siap dimasak

4. Sangrai menggunakan Teflon dan tanpa minyak. Saya menggunakan double pan karena Kaldu bubuk yang saya buat memang tidak dipanggang dengan oven (resep asli di oven).

5. Masak sambil sesekali diaduk sampai ayamnya mengeluarkan air. Matikan kompor. Kemudian blender hingga halus bersama dengan airnya juga.

(bagi yang menghaluskan bahan2 dengan blender, lewati Langkah ini ya karena tekstur masakannya sudah halus. Terus aja disangrai sampai kering.)

6. Setelah Diblender halus, sangrai lagi. Tutup double pan sambil sesekali di buka dan diaduk.

7. Terus dimasak dan di bolak balik, teksturnya mulai berbutir-butir dan mengering.

8. Setelah terus dimasak dengan double pan (ditutup ya double pan nya, sesekali aja diaduk bolak balik supaya merata), hasilnya akan semakin kering dan halus.

9. Terus dimasak sampai teksturnya benar-benar kering, ringan, dan halus. Matikan kompor. Biarkan dingin.

10. Terakhir, blender kering Kaldu bubuk hingga halus. Sekarang Kaldu bubuk siap digunakan sebagai penyedap masakan. Jangan lupa simpan dalam wadah kedap udara.

Sumber : warungkopi.okezone.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x