loading...

Kisah Nyata : Firman, Pemuda Indonesia Calon Doktor Oxford



Penasaran. Inilah yang membuat Muhammad Firmansyah Kasim mengejar gelar doktor di bidang fisika hingga ke Universitas Oxford, Inggris. Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini merasa ilmu yang diperoleh masih belum banyak.

“Saya mengejar gelar doktor ini karena masih penasaran dengan ilmu fisika,” kata Firman sebagaimana dikutip Dream dari BBC, Selasa 24 Februari 2015.

Usianya masih sangat muda. Baru 24 tahun. Namun dia sudah kenyang pengalaman. Lihat saja, dia menjadi satu dari tiga mahasiswa Indonesia yang berkesempatan magang di organisasi penelitian nuklir Eropa, CERN, di Jenewa, Swiss, pada pertengahan tahun 2013.

Pada saat magang itulah putra Makassar ini mendaftar ke Universitas Oxford. “Diwawancara pagi, siang diterima,” kata Firman yang melakukan penelitian laser plasma dan melakukan eksperimen untuk fisika partikel di Wolfson College, Universitas Oxford, ini.

Selain di CERN, Firman juga diterima magang di Universitas Teknologi Malaysia (UTM). “Magang di UTM dan di CERN itulah yang mungkin membantu saya diterima di Oxford,” tambah dia.

Firman mengaku tak akan buru-buru balik ke Indonesia. Dia masih merasa perlu menimba ilmu di luar negeri sebelum mengabdikan diri di Indonesia. “Kemungkinan besar saya masih akan cari pengalaman dulu di luar negeri beberapa tahun soalnya ilmu yang saya pelajari masih belum seberapa.”

“Inti dari yang saya rasakan dari pengalaman-pengalaman saya adalah tetap berusaha dan berpikir positif,” tutur Firman.

Sumber : dream.co.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x