loading...

INILAH Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang


Bantulah Share - Saat kita pergi ke sebuah restoran ataupun pedagang kaki lima hanya untuk membeli sebuah minuman, maka biasanya kita memesan minuman yang mengandung es. Namun pernahkah terpikir dibenak kita, apakah aman es batu yang kita konsumsi tersebut. Terbuat dari air apakah es batu tersebut, air matang atau air mentah?

Es batu yang terbuat dari air mentah mengandung banyak bakteri e-coli. Bakteri ini banyak dijumpai pada air minum yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi bila pada es batu yang terbuat dari air mentah dimana bakteri ini belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Bahayanya bakteri ini bagi tubuh adalah selain dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius, merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil.

Memang sangat sulit untuk bisa membedakan es batu yang terbuat dari air mentah ataupun matang. Berikut cara membedakan es batu yang terbuat dari air mentah atau matang seperti dirangkum dari berbagai sumber :

Es Batu dari Air Mentah
Terdapat banyak penggumpalan di bagian tengah atau bagian sisi dari es batu, jadi warna es batu akan dominan putih seperti susu. Penggumpalan ini terjadi karena pada air mentah banyak gas yang masih terjebak di dalam air kemudian terbekukan.Umumnya dibuat dalam bentuk balok balok besarBila dicium akan terasa kurang segar dibanding es batu air matangSeringkali didapatkan kotoranBila dicolek lalu dicicipi, es batu dari air yang berbahaya akan terasa pahit

Es Batu dari Air Matang
Hanya sedikit gumpalan gas sehingga es berwarna dominan bening. Proses perebusan akan melepaskan gas-gas dalam air sehingga sedikit sekali yang terjebak dalam proses pembekuanUmumnya dibuat dalam bentuk bungkusan plastik atau cube-cube kecilBila dicium akan terasa segarJernih dan tidak didapati kotoraBila dicolek lalu dicicipi, es batu dari air matang akan terasa seperti air minum biasa


Semoga bermanfaat, Ladies...........





Sumber : 9detik.co