loading...

Sebab Tak Terduga Penyakit Tuberkulosis



TUBERKULOSIS (TB) adalah penyebab kematian tertinggi untuk penyakit menular langsung. Sayangnya, ada banyak penyebab tak terduga yang membuat seseorang tiba-tiba mengidap penyakit itu.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr HM Subuh, MPPM menjelaskan, TB disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. Kuman ini ditemukan oleh Robert Koch pada 1882.

"Ada satu bakteri tuberkulosis bisa masuk ke tubuh manusia. Begitu sudah masuk, kumannya tidak manifes, tapi tidur dalam tubuh," terangnya saat press conference“Peringatan Tuberkulosis Sedunia” di Kantor Kementerian Kesehatan RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2016).

Munculnya bakteri tersebut, tambah Subuh, disebabkan oleh multifaktor. Seperti kebersihan sanitasi, lingkungan, perumahan, hingga faktor daya tahan tubuh seseorang.

"Kalau sudah ditemukan kuman TB positif, saya katakan dari multifaktor dan kita tangani secara tuntas. Bahkan, kasusnya selalu ditemukan di daerah padat, kumuh, dan tingkat kemiskinan yang tinggi," ungkapnya.

Sebagai informasi, setiap tahun sebanyak 67.000 orang Indonesia meninggal dunia akibat penyakit menular langsung tersebut. Hingga saat ini, Indonesia masih belum dinyatakan bebas tuberkulosis.

Sumber : lifestyle.okezone.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x