loading...

15 Obat Cantik Murah Meriah yang Perlu Kamu Tahu



Cantik itu tak selalu harus mahal. Alam sudah menyediakan bahan-bahan terbaik untuk merawat seluruh tubuh kita, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Daripada membeli produk perawatan mahal atau membuang ratusan ribu rupiah di klinik kecantikan setiap bulan, coba manfaatkan bahan-bahan alami berikut untuk merawat kecantikanmu.

1. Kulit belang karena terbakar matahari - lulur pepaya
Pepaya bisa menyamarkan kulit belang dengan vitamin pencerah yang terkandung di dalamnya. Haluskan daging buah pepaya yang sudah matang, kemudian gunakan sebagai lulur. Diamkan selama 30 menit atau sampai lulur mengering, kemudian bilas. Lakukan secara rutin agar kulit segera kembali ke warna semula.

2. Kantong mata dan mata sembab - kompres buah pisang
Pisang bisa dimanfaatkan untuk merawat mata yang sembab karena kelelahan atau kantong mata. Kandungan potasium yang tinggi pada buah pisang mampu mengurangi kelebihan cairan yang tersembunyi di jaringan kulit.

Haluskan setengah buah pisang kemudian oleskan di daerah sekitar mata. Biarkan selama 15 atau 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Mata yang sembab akan tampak dan terasa lebih segar.

3. Siku dan lutut gelap - bawang merah dan bawang putih
Bawang merah dan bawang putih ternyata efektif untuk mencerahkan lutut atau siku yang gelap. Ambil satu siung bawang putih dan bawang merah. Parut keduanya dan campurkan hingga merata. Oleskan pada kulit lutut dan gosokkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air hingga bau tajam bawang merah menghilang.

4. Rambut kering dan rusak - overnight hair repair santan dan jeruk nipis
Santan merupakan conditioner alami yang ampuh untuk mengatasi kerusakan rambut dan menutrisi rambut secara menyeluruh. Sementara jeruk nipis mampu memberikan kilau alami pada rambut yang rusak. Campurkan santan kental dalam kemasan (sesuaikan dengan panjang rambut) dengan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan pada batang rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Setelah itu pakailah shower cap dan diamkan selama semalam.

5. Kumis tipis - Wax gula pasir dan lemon
Coba singkirkan rambut halus di area bibir dengan wax alami yang dibuat dari 2 sendok makan gula pasir, 10 sendok makan air, dan 2 sendok teh air perasan lemon. Aduk hingga larut, kemudian oleskan pada area sekitar mulut. Sesuaikan dengan arah pertumbuhan rambut di wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian gosok dengan tangan. Rambut halus di sekitar bibir akan tercabut dengan sendirinya. Tetapi kamu perlu mengulangi proses ini dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Kulit gelap di area selangkangan - Kentang, tomat, dan madu
Gunakan masker dari kentang dan tomat yang memiliki efek mencerahkan tetapi aman untuk kulit sensitif. Campurkan parutan setengah buah kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih, air dari setengah buah tomat, dan satu sendok makan madu. Aplikasikan paket ini ke paha bagian dalam. Lakukan pijatan ringan, lalu diamkan sampai kering. Kemudian bersihkan campuran masker tadi dengan air bersih. 

7. Bibir terkelupas - madu
Madu yang kaya akan nutrisi sangat baik untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak, termasuk kulit bibir yang pecah-pecah. Cukup fungsikan madu sebagai pengganti lip balm. Oleskan pada bibir, kemudian diamkan sepanjang hari.

8. Ketiak hitam - jeruk nipis, susu bubuk, dan madu
Buat campuran dari air perasan jeruk nipis, susu bubuk, dan madu. Aplikasikan pada kulit ketiak dan biarkan selama 15 menit. Sebelum dibilas, gosokkan untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

9. Komedo - Tepung maizena dan susu pembersih
Tepung maizena berfungsi untuk mengatasi kotoran yang menutupi pori-pori. Campurkan 1 sendok makan tepung maizena dengan susu pembersih wajah (milk cleanser). Uapi kulit hidung dengan uap air panas terlebih dahulu agar pori-pori terbuka. Caranya dengan menempatkan wajah di atas sebaskom air panas. Setelah itu oleskan campuran tepung maizena pada area komedo. Lakukan pijatan ringan, kemudian bilas dengan air bersih.

10. Kulit wajah kusam - facial es batu sari timun
Es batu dapat mengencangkan kulit dan pori-pori secara instan. Begitu juga dengan timun. Cukup haluskan timun segar, blender, kemudian saring. Bekukan hingga menjadi es batu, kemudian usapkan pada seluruh bagian wajah.

11. Noda gelap di puncak hidung karena kacamata - kentang dan madu
Giling setengah buah kentang hingga lembut. Tambahkan satu sendok makan air mawar dan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini di area bawah mata yang berwarna gelap. Diamkan selama sekitar 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

12. Kulit hidung terkelupas - irisan tomat
Tomat kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk memperbaiki sel kulit. Haluskan 2 iris tomat matang yang masih segar, kemudian terapkan pada hidung. Diamkan cairan hingga mengering, kemudian bilas wajah dengan air bersih. Ulangi proses yang sama 10 menit kemudian.

13. Tumit kasar dan pecah-pecah - Minyak kelapa dan kaus kaki
Pijat tumit dengan minyak kelapa, kemudian kenakan sepasang kaus kaki dan biarkan semalaman. Cuci kaki di pagi hari. Lanjutkan perawatan ini sampai tumit menjadi lembut kembali.

14. Kulit kusam - scrub kopi bubuk dan madu
Kopi bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator yang baik. Kandungan caffeic acid dalam kopi mampu merangsang produksi collagen. Selain itu, bubuk kopi juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Campurkan kopi bubuk dan madu secukupnya, kemudian gunakan sebagai scrub. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas tubuh dengan air dingin hingga sisa kopi benar-benar terangkat.

15. Ketombe - jeruk nipis
Sifat asam jeruk nipis mampu menyingkirkan kelebihan minyak dan bakteri yang bisa menjadi pemicu ketombe. Cukup teteskan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Lakukan pijatan lembut hingga ke seluruh bagian kulit kepala, kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

Itulah berbagai ramuan alami yang bisa dimanfaatkan untuk merawat seluruh tubuh. Selamat mencoba di rumah.

(Sumber:http://www.merdeka.com/gaya/15-obat-cantik-murah-meriah-yang-perlu-kamu-tahu-splitnews-3.html)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x