loading...

Amal Ini `Menunda` Ajal 5 Tahun



Kisah-kisah keajaiban dalam beramal seperti amalan yang dapat panjangkan umur mungkin memang terdengar sulit untuk dipercaya. Namun kisah keajaiban ini memang benar adanya. Setiap harta yang kita miliki haruslah mendapat keberkahan dari Allah SWT. Tanpa adanya berkah dari Allah, kita tidak akan pernah merasa cukup. Untuk mendapat berkah dari Allah, ada salah satu amalan yang bisa kita lakukan, yaitu bersedekah dengan ikhlas dan karena satu amalan ini, ajalnya ditunda hingga 5 tahun sehingga bisa terus beramal.


Alkisah suatu peristiwa pada zaman Nabi Sulaiman yang sangat menyentuh hati. Pada suatu hari ada seorang laki-laki yang membawa seorang wanita datang menemui Nabi Sulaiman. Mereka menemui Nabi Sulaiman dengan maksud ingin dinikahkan. Tanpa berberat hati akhirnya Nabi Sulaiman pun menikahkan mereka berdua. Kemudian sesaat setelah pengantin yang berbahagia tersebut pulang, datanglah seorang malaikat menghampiri Nabi Sulaiman. Malaikat itu berkata bahwa laki-laki yang baru saja dinikahkan itu akan meninggal lima hari ke depan. Tanpa menjelaskan lebih banyak, malaikat tersebut pergi meninggalkan Nabi Sulaiman.


Seiring waktu berjalan, Nabi Sulaiman yang tenggelam dalam kesibukannya sebagai raja tidak menyadari jika waktu lima hari sudah ia lewati. Keesokan harinya, tiba-tiba Nabi Sulaiman mendapati bahwa laki-laki tersebut masih hidup dan sehat. Muncul kebingungan dalam batin sang nabi yang bisa berbicara dengan hewan tersebut, apa yang terjadi dengan perkataan malaikat lima hari yang lalu? Bukankah malaikat mengatakan bahwa laki-laki tadi akan meninggal?


Hari-hari terus berlalu hingga saat mencapai waktu satu tahun, Nabi Sulaiman mengetahui bahwa laki-laki tersebut masih hidup dengan baik. Di dalam keadaan yang membingungkan tersebut, kemudian datanglah malaikat mendatangi Raja Sulaiman, penakluk Ratu Saba tersebut dan mengucapkan salam padanya. Lalu Nabi Sulaiman pun bertanya pada malaikat mengenai perihal tersebut. Malaikatpun mengatakan bahwa ia memang akan mencabut nyawa laki-laki tersebut di hari kelima, namun ternyata saat lelaki tersebut sedang keluar rumah didapatinya ada seorang pengemis dan laki-laki tersebut memberinya sedekah serta minta didoakan agar panjang umur. Dari kejadian tersebut sang malaikat diperintahkan agar menangguhkan usia laki-laki tersebut hingga lima tahun. 


Peristiwa tersebut telah menjadi bukti nyata keberkahan dari sedekah yang dilakukan oleh seseorang. Namun perlu digarisbawahi bahwa sedekah haruslah dengan niatan untuk mengharap ridho Allah ta’ala. Apabila menerima sebuah keajaiban dari sedekah yang dilakukan itu, maka itu adalah sebuah hadiah kontan yang telah disiapkan Allah SWT untuk kita selaku umatNya. Sedekah sangat berharga bagi Allah, tanpa harus dilihat besar kecilnya. Karena sesumgguhnya setiap harta yang kita miliki bukan seratus persen milik kita, namun ada hak orang lain di dalamnya.


Sedekah memiliki beberapa keutamaan, yaitu mendatangkan rezeki dan menolak datangnya bahaya. Bahkan sedekah juga dapat memyembuhkan penyakit. Selain itu, sedekah juga dapat menunda kematian. Terdapat salah satu hadits sedekah panjangkan umur, yaitu dalam sabda Rasulullah SAW yang mengatakan agar memperbanyak sedekah, sebab sedekah bisa memanjangkan umur. Dalam firmanNya, Allah mengatakan bahwa Dia akan membalas kebaikan hambaNya dengan 10 kebaikan. Bahkan di ayat lain dalam Al Quran dikatakan bahwa kebaikan seseorang akan dibalas dengan 700 kebaikan. Lantas, mana mungkin benar bila ada yang mengatakan bahwa sedekah hanyalah akan membuat kita miskin?

Sumber : kumpulanmisteri.com