loading...

Mengapa Sebaiknya Ada Mentimun di Piring Kita?



Anda mungkin sering menemui sajian makan dengan lalapan dan irisan mentimun menjadi salah satunya. Terlepas sebagai bagian dari lalapan semata,mentimun sebenarnya punya peranan yang cukup penting dalam sajian makan Anda.

Dilansir dari fitnea.com, timun termasuk dalam super food yang punya ragam manfaat untuk kesehatan. Berikut alasan mengapa sebaiknya ada mentimun di piring Anda.

Mengurangi kolestrol jahat

Mentimun mampu mengurangi kolesterol dalam darah karena di dalam mentimun mengandung sebuah senyawa yang bernama sterol yang sangat ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam mentimun berperan untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak 
mudah sakit maupun terserang berbagai penyakit seperti perubahan cuaca dan lain-lain.

Mengatur suhu tubuh

Memakan mentimun dapat membantu Anda mengurangi peradangan dalam tubuh akibat panas tubuh yang berlebihan. Selain itu mentimun dingin sangat membantu mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari.

Mencegah sembelit

Mentimun sering kita jumpai pada sajian makanan yang minim kuah, seperti penyetan,pecel lele, aneka masakan padang, dan lain sebagainya. Tujuannya kandungan air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang mungkin Anda alami.

Menetralisir racun

Kandungan air dalam mentimun yang hampir 95 persen memiliki efek menghilangkan racun di dalam tubuh melalui urine maupun keringat yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Kandungan yang ada dalam mentimun berfungsi layaknya pembersih. Mentimun membuang racun-racun dalam tubuh. Jika dimakan teratur, ketimun akan membantu kinerja ginjal lebih baik.

Menyegarkan mulut

Anda bisa memakannya secara langsung atau malah membuatnya jus. Mau diolah seperti apapun timun mempunyai manfaat yang sama. Phytochemical yang terkandung di dalamnya akan membunuh bakteri dalam mulut penyebab bau mulut tak sedap.

Sumber : citizen6.liputan6.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x