loading...

Bayi Takut Berpisah Dari Ibunya



Saat bayi sudah memiliki jam tidur yang rutin, Anda pasti sudah merasa lega. Tapi, kok, tiba-tiba ia jadi sering terbangun dan menangis lagi? Selain itu, ia juga sering rewel kalau ditinggalkan sebentar. Sebenarnya Si Kecil kenapa, ya? Dilansir melalui M&B UK, kemungkinan Si Kecil bertingkah seperti itu karena ia sedang mengalami separation anxiety atau perasaan takut berpisah. Ini adalah hal normal yang terjadi dalam perkembangan milestone-nya dan justru menunjukkan betapa erat bonding antara Anda dan dirinya. Untuk mencari tahu apakah ia sedang mengalami separation anxiety atau tidak, yuk simak tanda-tanda berikut ini, Moms!



Tidurnya Gelisah
Bayi yang mengalami perasaan takut berpisah umumnya akan bangun lebih sering di malam hari dan menangis mencari Anda. “Perkembangan besar ini akan sangat terasa saat bayi menginjak usia 9-18 bulan. Ia merasa semuanya berubah dan butuh ditenangkan, terutama saat di malam hari,” ujar Sarah Ockwell-Smith, seorang ahli pola tidur. Selain itu, bayi pun akan menjadi lebih sulit ditidurkan.



Bangun Lebih Awal
Perasaan takut berpisah juga menyebabkan bayi akan bangun lebih awal dan baru akan bisa kembali tidur jika ada Anda di sampingnya. “Selelah apapun rasanya, Anda harus bisa mengerti kalau ini adalah tanda yang baik. Ini berarti Anda memiliki ikatan psikologi yang kuat dengan Si Kecil dan ia pun akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri serta mandiri,” jelas Sarah.



Menangis Saat Ditinggal Bersama Orang Lain
Pasti Anda akan merasa kesulitan meninggalkan Si Kecil yang terus merengek bersama baby sitter di rumah atau di daycare, padahal sebelumnya ia baik-baik saja. Ini wajar terjadi saat muncul perasaan takut berpisah padanya. Sarah menuturkan, “Si Kecil mungkin akan sedih saat harus ditinggal bersama orang lain, termasuk ayahnya. Cobalah untuk menggunakan parfum tertentu, lalu setelah 4-6 minggu minta orang yang akan menjaganya menggunakan parfum yang sama atau semprotkan di sekitar ruangan rumah. Ia akan mengasosiasikan wangi tersebut dengan kehadiran Anda dan tetap merasa tenang walaupun Anda tidak bersamanya.”



Rewel Saat Sendirian
Padahal Anda hanya pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil tapi bayi Anda langsung berteriak mencari Anda? Jangan panik karena memang seperti itu tanda kalau ia sedang mengalami perasaan takut berpisah. Ia akan merasa terasing walaupun hanya ditinggalkan 1-2 menit saja. Sarah menyarankan agar Anda tidak memarahi atau mengacuhkan perasaannya untuk sementara waktu. Biarkan ia memeluk erat Anda lebih sering sebab waktu ini tidak akan terulang lagi lho, Moms.



Tidak Suka Main Sendiri
Kalau Si Kecil mendadak tidak bersemangat bermain dengan mainan kesayangannya, itu berarti ia ingin bermain bersama Anda. Dengan begitu ia pun merasa tenang karena Anda selalu mendampinginya. Tetap tenang menghadapinya dan ingatlah kalau ini akan berlalu dalam beberapa bulan ke depan. Dinikmati saja ya, Moms!

Sumber : 

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x