loading...

Ibu Hamil Perlu Jaga Makan agar Anak Tak Diabetes



Diabetes bukan penyakit turunan. Sekali pun seorang anak lahir dari orangtua pengidap diabetes tapi jika di sepanjang hidup anak itu menganut pola hidup sehat, kecil sekali kemungkinan untuk mengidap kondisi serupa.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai seorang anak yang lahir dari keluarga tidak memiliki riwayat diabetes malah mengidap diabetes tipe satu. Salah satu penyebabnya adalah calon ibu yang tak mengontrolasupan makanan selama masa kehamilan.

"Ibu hamil selalu makan double dengan anggapan makanan itu buat anak dan ibu. Jangan terlalu rakus, nanti anak lahir diabetes," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek dalam acara Puncak Hari Kesehatan Sedunia di Pasar Modern BSD City, Tangerang Selatan, Minggu (10/4/2016).

Memang anak bakal lahir dengan berat mungkin sebesar lima kilogram, tapi itu tidak menggemaskan sama sekali. Seharusnya kasihan karena berisiko diabetes tipe satu. "Anak dijejali makan terus, kayak angsa di Belanda yang sering dijejali makanan. Gendut lucu? Gendut bisa bikin diabetes," ujar Menkes.

Cukup wajah saja yang manis, lanjut Menkes, jangan sampai kencing jadi manis juga. Tugas orangtua adalah membuat buah hati terhindar dari diabetes tipe satu, sebab, sekali terkena maka pengobatan yang harus dijalani bakal seumur hidup.

"Anak-anak ajak olahraga. Car free day bisa dijadikan lokasi buat ajak anak olahraga," kata Menkes.

(Sumber:http://health.liputan6.com/read/2479723/ibu-hamil-perlu-jaga-makan-agar-anak-tak-diabetes)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x