loading...

7 Kalimat ini Bakal Buat Anak Sedih Bukan Main



Bantulah SharePsikolog Svetlana Merkulova menyatakan salah-salah ucap dari orangtua bisa memberi efek negatif pada otak anak. Itulah sebabnya orangtua harus memilih kalimat sebaik mungkin saat menasihati anak agar tidak menyakiti hati dan pikirannya. Contoh kalimat-kalimat negatif seperti di bawah ini malah akan membuatnya sedih dan tidak akan memotivasi dirinya.

1. "Saat seumur kamu, Mama/Papa hebat lho"
Ucapan ini hanya akan membuatnya bersaing dengan Anda sebagai orangtuanya. Teori yang paling mungkin terjadi adalah dia akan meraih sebuah prestasi bukan karena ia menyukainya. Tapi hanya ingin membuat Anda terkesan. Memang pada akhir kasus ini kebanyakan anak akan meraih sukses, tapi ia tidak akan pernah bahagia dengan apa yang sudah dilakukannya.

2. "Monyet kecilnya Mama.."
Ucapan ini mungkin tidak ada maksud buruk sama sekali. Malah, ini jadi semacam panggilan sayang Anda padanya. Meski demikian, ucapan macam ini artinya Anda menjadikan dia objek, benda, mainan yang bisa Anda perlakukan sesuka hati. Ingat juga bahwa anak balita akan percaya dengan apapun yang Anda katakan padanya. Ia pun siap berperan dengan panggilan sayang Anda padanya.

3. "Anak lain hasilnya lebih baik dari kamu"
Sadarkah Anda, bila anak dibandingkan begini, ia akan membenci pihak yang jadi pembandingnya? Bila posisinya dibalik, Anda yang dibandingkan dengan orangtua lain yang jauh lebih sukses, bagaimana rasanya?

4. "Kalau kamu begitu, Mama ngga sayang kamu lagi"
Kalimat sederhana akan membuat anak kerap cemas karena ingin memenuhi ekspektasi orangtuanya. Akibatnya, ia tidak akan merasakan kebebasan bertindak dan berpikir.

5. "Jangan bikin Mama malu!"
Anak yang sering mendengar ucapan ini akan tumbuh menjadi sosok yang penuh kepura-puraan di depan orang lain. Ketika mendapat respon positif, ia bingung harus apa dan bagaimana. Sebab, mereka terlalu sering ditekan sehingga merasa tidak punya banyak pilihan dalam hidupnya.

6. "Nanti, Mama akan hukum kamu"
Kalimat ini hanya akan membuat anak takut pada Anda. Ia berhenti melihat Anda sebagai orangtua dan memandang Anda hanya sebagai bos/atasan yang bisa memberinya hukuman dan hadiah. Ia juga akan hidup penuh dengan rasa takut.

7. "Mama ngga mau lihat/dengar kamu"
Hati anak akan langsung mencelos saat orangtua kesayangannya mengucap kalimat ini. Ia akan menangkap makna bahwa ialah penyebab orangtuanya tidak bahagia.



sumber : feed.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x