loading...

INILAH Kegunaan Lain Dari CUKA !! Perabot Rumahmu Bisa Bersih Seketika, Begini Caranya..!!

Anda tentu mengenal cuka yang memiliki bau kecut, asam dan dapat mengganggu indera pembau. Meski begitu, cairan ini memiliki banyak manfaat selain sebagai bahan pembuat acar juga dapat untuk membersihkan barang rumah tangga.


Tidak memerlukan waktu lama dalam membersihkan noda pada barang di rumah Anda. Cara di bawah berikut ini bisa Anda lakukan di rumah ketika hendak membersihkan barang dengan menggunakan cairan asam beraroma tidak sedap. Pastikan sirkulasi udara seperti jendela dan pintu rumah terbuka setiap kali akan membersihkan menggunakan barang menggunakan cairan tersebut.

Menjadikan Dinding Kembali Indah

Cairan asam seperti cuka dapat untuk menghilangkan wallpaper lama Anda. Ketika Anda merasa jenuh dengan wallpaper yang sudah menempel sejak bertahun-tahun lamanya, maka hilangkan dengan cairan asam.

Gunakanlah busa atau spon tebal yang sudah diberi campuran cairan asam dan air. Gosokkan pada wallpaper agar gambar dapat mulai menghilang. Kemudian gunakan alat pengikis wallpaper agar gambar yang menempel pada dinding dapat mudah terkelupas.

Menghilangkan Sticker dari Furnitur

Hobi kebanyakan orang terutama anak kecil adalah menempelkan sticker di lemari, rak, bahkan meja. Jika sudah lama tertempel maka tampilan akan menjadi jelek dan membuat furnitur terlihat sangat kotor. Sticker menjadi mulai menghitam dan pudar. Lebih baik segera hilangkan sticker dari semua furnitur Anda.

Gunakanlah cuka yang juga dicampur air. bersihkan hingga sticker benar-benar hilang dari furnitur. Jika ketebalan sticker sulit dihilangkan dengan tangan kosong, gunakan alat pengikis yang mampu menghilangkan sticker dari furnitur.

Mesin Pengolah Minuman

Jika Anda memiliki mesin untuk mengolah minuman seperti untuk menyeduh kopi, maka cairan asam dapat digunakan untuk membersihkan. Cukup dengan menuangkan cairan asam pada bagian lubang-lubang dan diamkan saja beberapa menit. Barulah Anda bilas menggunakan air bersih dan keringkan sampai aroma tidak sedap dari cairan asam menghilang dari mesin.

Menghilangkan Cat Pada Kuas

Sering dijumpai kuas lama yang mengeras karena cat sisa yang menempel. Ketika hendak digunakan untuk mengecat maka kuas sudah menjadi kaku. Tangan Anda pun akan kesulitan melemaskan kembali ruas-ruas kuas yang ada.

Cairan asam dapat melemaskan dan menghilangkan sisa cat yang menempel pada kuas. Tuangkan cairan asam dalam wadah stainless steel dan rendam kuas selama satu jam kemudian lanjutkan dengan merebus cairan asam. Cairan asam yang panas Anda dinginkan dengan keadaan kuas yang tetap terendam selama setengah jam atau sampai benar-benar dingin. Baru Anda bilas dengan air agar sisa cat dapat rontok dari kuas. Keringkanlah segera kuas Anda.

Hilangkan Karat Pada Besi

Jika Anda memiliki palu, mur, baut, atau peralatan logam yang berkarat, bersihkanlah menggunakan cairan asam untuk menghilangkan karat. Cukup dengan merendam benda-benda berkarat di cairan asam selama beberapa menit dan karam akan menghilang Jika karat sudah hilang maka simpan dengan baik agar karat tidak kembali muncul. 

Semoga Bermanfaat !!

Sumber:rumahku.com