loading...

5 Cara Agar Kamu Stop Beli Barang yang Tak Penting



Ketika kamu berbelanja, kamu mungkin cenderung larut dalam suasana dan membeli banyak barang. Tadinya, kamu mungkin sudah meneguhkan hati untuk hanya membeli beberapa barang yang dibutuhkan saja. Namun, karena kamu melihat banyak barang dan potongan harga yang cukup menggiurkan, akhirnya kamu malah beli barang-barang tak penting. 

Hal ini sangat membahayakan kesehatan 'keuangan.' Apa lagi ketika hal ini sudah menjadi kebiasaan dan sulit untuk dihilangkan. Tapi, jangan khawatir, karena ada cara-cara ampuh yang bisa bikin kebiasaan buruk ini berhenti. 

45 menit. Semakin lama kamu berkeliling untuk melihat-lihat, semakin besar godaan untuk membeli banyak barang. Karena itu, kamu bisa membuat aturan pada dirimu sendiri. Pastikan kamu hanya berkeliling di mal atau pusat perbelanjaan selama 45 menit. Jangan sampai lebih dari itu. 

Periksa dulu barang di rumah. Ketika kamu melihat barang bagus yang menarik hatimu di toko, jangan langsung membeli. Cobalah untuk memeriksa barang-barang yang ada di rumahmu. Siapa tahu kamu sudah punya barang yang sama dengan fungsi yang juga serupa. 

Tunggu sampai beberapa hari. Atau, tunggu hingga empat hinga lima hari. Biasanya, keinginan untuk membeli barang hanya nafsu sementara. Rasa ingin itu akan hilang seiring berjalannya waktu. Karena, kamu akan tersadar kalau barang itu tidak terlalu kamu butuhkan untuk sekarang. 

Buatlah daftar barang yang kamu punya. Dari pada membuat daftar barang yang kamu ingin beli, lebih baik bikin daftar barang-barang yang sudah kamu punya. Dengan begitu, kamu ingat apa saja barang-barang penting yang bisa kamu gunakan. Dan kamu juga bisa bersyukur. 

Beli produk berkualitas. Mungkin kamu beli barang-barang yang memang kamu butuhkan. Tapi kerap kali kamu beli barang karena barang lamamu sudah rusak. Agar tak cepat membeli barang baru, sebaiknya kamu hanya membeli barang-barang berkualitas. harganya mungkin mahal, tapi membeli barang murah tiga kali setahun 'jatuhnya' juga akan lebih mahal lagi. 

Sumber : bintang.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x