loading...

Ini konsep pernikahan yang ngetren di tahun 2016



Seperti apa tren pernikahan di masa kini? Konsep pernikahan seperti apa yang paling diminati oleh pasangan di negara kita?


Bridestory, situs penyedia jasa pernikahan yang beroperasi di beberapa negara telah melakukan survei kepada 4.000 pengantin pda bulan Januari 2016 lalu. Responden dimintai pendapat mengenai berbagai detail pernikahan.


Hasilnya, sebagian besar pengantin memilih konsep pernikahan yang modern dan anti ribet. Beberapa detail pernikahan sengaja dipilih yang praktis. Menyewa kebaya untuk pernikahan, ruang serbaguna untuk resepsi, dan penggunaan jasa wedding organizer (setidaknya untuk hari H) sudah umum ditemui.


Menariknya, di zaman modern ini kebanyakan calon pengantin sudah memiliki pemikiran yang lebih maju dan terbuka. Hal ini terlihat dari partisipasi pasangan dalam persiapan pernikahan. Kedua calon mempelai cenderung mengambil keputusan bersama-sama. Biaya pernikahan pun ditanggung berdua. Orang tua dan keluarga besar dari kedua belah pihak tak lagi mendominasi.


Walaupun begitu, pasangan modern pun masih cenderung memilih cara yang konservatif dalam menentukan penyedia jasa pernikahan. Rekomendasi dari orang-orang terdekat seperti sahabat dan keluarga masih jadi pilihan utama.


Mengenai waktu persiapan, sebagian besar mempelai butuh waktu lebih dari 3 bulan untuk mempersiapkan detail-detail pernikahan. Anggaran pernikahan minimal yang harus digelontorkan rata-rata mencapai 35 juta Rupiah dengan tamu kurang dari 50 orang. Jumlah ini sudah meliputi venue, dekorasi, katering, rias pengantin, foto, undangan, dan suvenir. 


Sementara untuk pernikahan dengan jumlah tamu undangan di atas 350 orang, anggaran pernikahan yang harus dikeluarkan oleh pasangan pengantin bisa ditarik sampai ke angka yang tergolong fantastis, yaitu 400 juta Rupiah sampai 750 juta Rupiah. Budget yang dikeluarkan bisa membengkak lagi jika pasangan pengantin menginginkan pernikahan yang eksklusif dengan sesi foto pre-wedding di luar negeri, gaun pengantin rancangan desainer ternama, dan wedding venue di hotel berbintang lima.



Sumber : merdeka.com


Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x