loading...

5 Tips Buat Bawang Goreng Renyah dan Tak Mudah Melempem



Bawang goreng enak dinikmati sebagai pelengkap makanan. Apalagi jika bawang goreng garing dan lezat. Ternyata untuk membuat bawang goreng renyah dan garing ada beberapa tipsnya loh. Seperti 5 tips dibawah ini:

Pertama, pilih bawang yang berkualitas
Pilih bawang merah yang masih segar dan berkualitas, serta dengan ukuran bawang yang besar atau sedang. Jangan sekali-kali pakai bawang yang kecil dan yang sudah layu.

Kedua, iris bawang merah tipis-tipis
Iris lah bawang tipis, karena bawang yang terlalu tebal akan membuat bawang goreng menjadi lembek dan tidak renyah. Kalo memungkinkan gunakanlah alat pengiris bawang supaya hasil irisannya tipis dan rata.

Ketiga, tambahkan sedikit tepung maizena dan garam pada bawang yang sudah di iris 
Setelah bawang merah diiris tipis-tipis tambahkan sedikit garam, lalu biarkan agar meresap dulu beberapa saat. Setelah itu baru taburi dengan sedikit tepung maizena. 

Keempat, gunakan api kecil ketika menggoreng
Gorenglah bawang menggunakan api kecil. Bawang merah yang diiris tipis ketika digoreng akan mudah gosong apabila di goreng dengan minyak yang terlalu panas. 
Dan ketika bawang mulai digoreng, aduk-aduk dengan cepat secara perlahan, hingga bawang mulai menguning segera angkat. Jangan sampai telat dalam mengangkat sebab bawang akan bertambah menguning sesaat sudah di angkat dari atas wajan.

Kelima, simpan bawang goreng di dalam wadah yang tertutup dan kedap udara
Setelah diangkat, segera tiriskan bawang goreng. Lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tidak mudah melempem, dan pastikan sebelum di masukan kedalam toples sisa minyak penggorengan pada bawang sudah benar-benar habis.

Tips: Supaya mudah cara meniriskannya, simpan di atas kertas koran atau tisu makan. Karena apabila minyak goreng yang menempel berlebih pada bawang goreng akan mudah cepat tengik.
(Sumber resep:dapurlezatindonesia)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x