loading...

Jangan Asal Ikut-Ikutan, Muslimah Wajib Tahu Perbedaan Hijab, Jilbab, Khimar & Kerudung



Sahabat Muslimah, seringkali kita terjebak dalam suatu istilah padahal artinya kita tidak tahu, hanya mengikuti kebiasaan dan kebanyakan orang yang sering menyebutkan istilah tersebut terus menerus, termasuk menyebutkan istilah jilbab, hijab, khimar dan kerudung, ternyata keempat istilah tersebut berbeda makna loh. Kita bahas satu satu ya mulai dari asal kata, fungsi dan cara pakainya.

1.Jilbab

Jilbab, asal kata dari Bahasa Arab (جلباب ) dan merupakan pakaian keseluruhan yang kita pakai untuk menutup aurat, hal ini tercatat dalam QS. Al-Ahzab: 59, dan perintah Allah sejalan dengan yang dijelaskan Nabi Muhammad Saw. dalam hadist beliau, yang artinya: “Wahai Asma! Sesungguhnya seorang perempuan apabila sudah cukup umur, tidak boleh dilihat seluruh anggota tubuhnya, kecuali ini dan ini, sambil Rasulullah SAW menunjuk muka dan kedua tapak tangannya”.

Nah, sudah komplit ya dijelaskan oleh Rasul Kita, Nabi Muhammad SAW, bahwasannya Jilbab itu adalah pakaian yang menutup seluruh tubuh kita dan yang tampak, hanya boleh wajah dan telapak tangan saja.

2.Hijab

Lalu bagaimana dengan istilah Hijab, kata ini belakangan popular banget, tutorial hijab, hijab street, dan lain lain. Sama seperti kata Jilbab, kata Hijab berasal dari Bahasa Arab, (حجاب ħijāb) artinya, benda yang menutupi sesuatu.

Dalam Al Qur’an kata Hijab ada di QS. Al Ahzab: 53. Arti hijab dalam Al Qur’an justru penutup secara umum, misalnya tirai, papan pembatas, atau kelambu. Bila dikaitkan dengan menutup aurat, istilah hijab bermakna selayaknya wanita yang berjilbab hendaknya menyempurnakan dan menjaga jilbab sesuai dengan fungsinya yakni menutup (hijab) tubuh.

Adapun tata cara berpakaian menutup aurat dalam Islam, menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, pakaian tidak membentuk tubuh, tidak berlebihan memakai perhiasan, tidak menyerupai lelaki, tidak terlalu sederhana dan tidak terlalu mewah, berpakaian sesuai kesanggupan kita, karena nanti khawatir akan berujung pada penyakit hati berupa bangga pada diri atau pakaian sendiri.

Sahabat Muslimah, yang Jilbab dan hijabnya belum sempurna, masih bisa disempurnakan, namanya juga proses, tapi jangan kelamaan prosesnya ya, pelan tapi pasti, kan jadi adem lihatnya.

3. Khimar

Kalau khimar dan kerudung bagaimana pula?
Khimar dan kerudung beda tipis artinya, hanya saja di dalam Al Qur’an kata Khimar ada dalam QS. An Nur: 31.“Hendaklah mereka menutupkan khumur ke dadanya. (An Nuur :31)” dari ayat tersebut kita simpulkan arti bahwa khimar adalah kain yang menutupi kepala, leher dan dada, tentunya tanpa menutup wajah, bahkan ada lagi penjelasan, kain khimar tersebut menutup dari depan dan belakang.

4. Kerudung

Sedangkan kerudung, merupakan istilah untuk menyebutkan kain yang hanya menutupi kepala saja, dan sangat tidak dianjurkan untuk dipakai dalam melengkapi busana muslimah kita.

Jadi, Sahabat Muslimah, intinya adalah menutup aurat bagi muslimah, wajib hukumnya. Mau apapun istilahnya, lagi pula perintah Allah sudah jelas banget di dalam Al Qur’an. Semangat menyempurnakan menutup aurat yuk Sahabat Muslimah.

(Sumber: Ummi Online)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x