loading...

Makan Tergesa-gesa, Ini Bahayanya



SETIAP insan tentu membutuhkan asupan gizi pada tubuhnya. Inilah yang dibutuhkan untuk menambah energi agar bisa beraktivitas. Dan asupan itu berupa makanan yang bergizi dan menyehatkan. Ya, sudah seharusnya makanan itu memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Tapi, tahukah Anda, jika makanan yang bergizi itu disantap dengan tergesa-gesa apalagi dalam jumlah yang banyak maka malah memberikan efek yang buruk bagi kesehatan?

Inilah yang dilarang dalam ajaran Islam. Kita dianjurkan untuk tidak makan secara berlebihan. Sebab, Rasulullah ﷺ bersabda, “Anak Adam tidak mengisi tempat yang lebih buruk daripada perutnya. Anak Adam itu sudah cukup dengan beberapa suap yang menguatkan tulang punggungnya. Jika ia tidak mau (tidak cukup), maka dengan sepertiga makanan, dan dengan sepertiga minuman, dan seperti yang lain untuk bernafas,” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim. Hadis ini hasan).

Begitu pula jika menyantap makanan secara tergesa-gesa. Rasulullah ﷺ melarang hal tersebut, melalui sabdanya, “Jika seorang di antara kalian makan, maka jangan tergesa-gesa sampai dia menuntaskan makanannya, meskipun iqamah sudah dikumandangkan,” (HR. Bukhari).

Anda tentu tahu bahwa dari setiap larangan yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya pasti mengandung hikmah di dalamnya. Termasuk larangan makan secara tergesa-gesa. Ternyata, berdasarkan penelitian makan secara tergesa-gesa itu menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Yuga Pramita, seorang praktisi kesehatan, dalam bukunya Diet Islami menyatakan bawha makan dengan cepat dapat memungkinkan seseorang mengalami refluks asam lambung serta berperan dalam risiko kegemukan.

Penelitiannya membuktikan bahwa orang yang makan terlalu cepat akan berisiko memiliki berat badan yang lebih berat dua kali lipat dibandingkan orang pada umumnya.

Hal ini diperkuat dengan apa yang diteliti oleh salah seorang ilmuwan Jepang, DR. Ikeda Mikimoto pada 30 orang pria. Terdapat 14 orang yang mengalami obesitas di dalamnya. Ternyata orang yang mengalami obesitas suka berperilaku memakan makanan yang lebih cepat dibandingkan mereka yang kurus.

Selain menghindari obesitas, makan dengan tidak tergesa-gesa akan memberikan keberkahan bagi kita, sebab kita telah mengikuti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ. Maka dari itu, mulai sekarang mari kita niatkan untuk tidak lagi makan secara berlebihan apalagi dengan tergesa-gesa. Ini dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh kita, di mana sudah menjadi tanggungjawab kita untuk menjaganya.


sumber ; islampos.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x