loading...

Penyakit Katarak, Stroke, Dan Penyakit Jantung Dapat Di Lawan Dengan Olahan Selada, Begini Caranya



Selada (lactuca sativa) dikenal sebagai sayuran untuk salad dan disebut-sebut sebagai rajanya salad karena tekstur yang sangat halus. Daun selada dikosumsi secara mentah. Di barat, daun selada mudah ditemukandalam hamburger, di Indonesia, daun selada sekarang mulai populer dijadikan lalapan untuk menemani sambal.

Manfaat 
Selada berdaun kaya akan lutein dan beta-karoten. Juga memasok vitamin C dan K, kasium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan deaxanthin. Selada mengandung alkaloid yang bertanggung jawab atas efek terpeutik. Selada sangat baik untuk pelaku diet karena sangat rendah kalori. Selada juga kaya air, memungkinkan tubuh untuk terhidrasi. Selada juga mengandung serat, yang membantu pencernaan dan member rasa kenyang lebih lama.

Selada juga tinggi akan kandungan magnesium. Elemen ini memiliki peran penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot. Juga berkontribusi memperpendek waktu pemulihan. Makan selada bisa mempercepat bangkitnya kembali otot-otot lelah, jaringan, saraf. Selada mengandung betakaroten yang bisa bermanfaat untuk melawan penyakit. Penyakit tertentu seperti katarak, stroke, dan penyakit jantung dapat dilawan dengan makan selada. Mengkonsumsi salada juga membantu melawan insomnia karena mengandung zat yang menginduksi tidur yang disebut lactucarium. Ini adalah zat candu ringan yang ada pada hampir semua jenis selada.

Sementara asam folat dalam selada menmbantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan. Ini ditunjukkan dalam serangkaian percobaan pada ibu hamil yang rajin mengkonsumsi selada bebas dari anemia gizi. Makan selada juga memiliki pengaruh besar atas sekresi hormone progesterone. Asam folat ini juga dikenal mampu membantu mencegah cacat lahir pada tahap awal kehamilan.

Olahan 
Karena begitu banyak manfaat dari sayuran ini jika kita mengkonsumsinya, tak salah jika kita mencoba mengolah sendiri dirumah. Berikut resep selada ala padang.

Selada Padang 
(untuk 6 porsi)

Bahan :
2 buah mentimun, belah dua, iris tipis. 
100gr daun selada kering, sobek kasar 
3 butir telur ayam , rebus, kupas, pisahkan bagian putih dan kuningnya, sisihkan bagian kuningnya untuk saus, iris tipis bagian putihnya
Buah tomat, buang bijinya, potong dadu 2 cm 
250 gr kentang, kupas, iris tipis, goreng hingga kering

Bahan saus:
200 gr kentang, kukus, kupas, haluskan.
3 kuning telur ayam rebus
1 ½ sdm gula pasir
4 sdm bawang goreng, haluskan
75gr mentega tawar, lelehkan
2 sdm cuka masak 
½ sdt garam 
½ sdt merica bubuk 
100ml air panas
Taburan 
Kerupuk merah 

Cara Membuat:
Saus: Haluskan semua bumbu saus, campur air, dan aduk hingga mengental.
Susun mentimun, daun selada, potongan putih telur, tomat dan keripikkentang didalam mangkuk saji . siram saus, aduk rata. 
Sajikan dengan taburan kerupuk . (Sumber:reportaseterkini.net)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x