loading...

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Bayi, Kesehatan Organ Dalam Tubuh, Dan Kecantikan, Begini Olahannya



Brokoli (brassica oleracea L) diperkirakan telah dimanfaatkan sejak era Yunani klasik. Sayuran hijau ini popular di Italia, dimana nama “brokoli” berasal dari kata “broccoli” yang bermakna “cabang” dan dikembangkan di abad ke-17 atau ke 18. Brokoli kemudian menjadi salah satu sayuran yang paling populer diseluruh dunia dan digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan .

Manfaat 
Brokoli dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang banyak. Nilai gizi brokoli adalah sebagai pembangkit tenaga zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Brokoli juga mengandung phytochemical penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Mengkonsumsi brokoli bisa mengurangi risiko kanker payudara, kanker paru-paru dan usus besar . Kandungan vitamin C, asam amino sulfur dalam brokoli juga bisa membantu radikal bebas dan racun dalam tubuh . Kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.
Brokoli juga berguna bagi kesehatan mata, mengurangi kerusakan kulit dan peradangan, mencegah osteoporosis. Anemia, serta kekurangan zat besi, mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, menurunkan kadar kolestrol dan mengontrol tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung, terutama stroke.

Olahan
Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Tetapi cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus karena kandungan zat-zat didalamnya tidak banyak hilang.

Bahan: 
Brokoli, lepaskan per kuntum.
1 sdm margarin
1sdm maizena 
150 ml susu
50gr keju cheddar parut 

Cara Membuat:
Kukus brokoli sampai lunak kemudian taruh di piring dan siram dengan saus keju. Bisa juga ditaburi parut.

Saus Keju: Lelehkan margarin di wajan lalu masukan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tambahkan susu dan keju. Aduk hingga keju meleleh dan saus mengental. Angkat. Setelah agak dingin, siramkan keatas brokoli . (Sumber:reportaseterkini.net)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x