loading...

Waktu Terbaik Minum Kopi Bukan Setelah Bangun Tidur



Fakta ini mungkin akan mengejutkan Anda; waktu terbaik untuk minum kopi bukanlah ketika Anda baru bangun dari tempat tidur.

Ya, para ahli telah mengungkapkan waktu terbaik mendapatkan asupan kafein, yakni antara pukul 10.00 pagi hingga siang hari dan antara pukul 02.00 hingga 05.00 sore.
Ini berarti, banyak orang yang salah karena mereka seringkali meminum kopi langsung ketika baru bangun tidur. Padahal hal tersebut merupakan waktu terburuk untuk minum kopi.

Menurut Kenneth Wright, ahli fisiologi tidur dari University of Colorado, Boulder, kafein akan mengacaukan jam internal tubuh atau yang dikenal dengan sebutan jam sirkadian.

"Jam sirkadian bukan sekadar tidur dan bangun. Jam sirkadian hadir dalam sel-sel di seluruh tubuh Anda. Dia juga ada di sel-sel lemak, otot, jantung dan begitu pula sel-sel di otak," ujar Wright, dikutip dariFood World News.

Tak hanya itu, segera setelah Anda bangun tidur di pagi hari, kadar kortisol juga sedang tinggi. Singkatnya, hormon kortisol adalah hormon stres, namun ia memiliki peran penting di pagi hari. Hormon ini bertanggung jawab untuk memberikan sinyal pada tubuh untuk bangun dari tidur.

Ketika Anda mendapatkan asupan kafein dari kopi, tubuh berhenti melepaskan hormon, karena kafein efektif melakukan hal itu. Hal ini pada gilirannya akan mengganggu ritme sirkadian, mendorong jam tubuh terus menjauh dari jam yang seharusnya,

Menurut sebuah laporan di Science Translational Medicine, satu shot double espressojika diminum tiga jam sebelum waktu tidur menunda dirilisnya melatonin selama 40 menit. Hormon ini bertanggung jawab meregulasi siklus tidur dan bangun Anda.

Jika terjadi terus menerus, Anda bisa mengalami kekurangan tidur. Perlu diketahui bahwa waktu tidur yang kurang akan berdampak secara serius pada kesehatan Anda. Kurang tidur dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih tinggi, tidak produktif dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. 


sumber : life.viva.co.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x