loading...

Jangan Buang Kulit 5 Buah Ini. Ketahui Manfaatnya Di Sini!



Tak dipungkiri, sebagian besar orang akan mengupas kulit buah saat mengonsumsinya. Bagi beberapa jenis buah (seperti semangka, melon, atau salak), mengupasnya memang menjadi sebuah keharusan.

Tetapi, beberapa jenis buah lebih baik dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Ini karena kulit buah tersebut mengandung nutrisi yang tak kalah sehat dan dari daging buahnya. Penasaran buah apa saja yang dimaksud? Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan enam buah dengan kulit yang kaya akan nutrisi.

1. Apel
Sebagian besar orang akan mengupas kulit apel saat mengonsumsinya. Tak dipungkiri bahwa sebagian apel yang kamu temukan di pasaran mengandung zat lilin yang berbahaya bagi kesehatan. Tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan mencuci buah apel hingga bersih. Kulit apel mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi dan terbukti memiliki sifat anti-kanker.

2. Sawo
Kulit sawo mungkin tak selezat daging buahnya. Tak jauh berbeda dengan kulit apel, kulit buah sawo juga memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi mengurangi kerusakan sel dari serangan radikal bebas.

3. Kulit lemon
Lemon merupakan buah yang cukup kaya akan kandungan vitamin C. tetapi, sebagian besar dari kita mengonsumsinya hanya dengan memeras air dan langsung membuang kulitnya. Jika kamu tahu, kulit lemon diperkaya dengan vitamin C dan mengandung senyawa pelawan kanker seperti salvestrol Q40 dan limonene. Tak hany itu, kulit lemon juga menyimpan efek menurunkan kolesterol.

4. Anggur
Kulit buah anggur diperkaya dengan anthocyanin, yaitu pigmen yeng memberikan warna pada anggur tersebut. Anthocyanin dalam kulit anggur mampu memberikan perlindungan bagi kardio sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kulit buah anggur juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur.

5. Pisang
Mungkin kamu akan sedikit terkejut mendengar bahwa kulit pisang juga menyimpan manfaat yang tak terduga bagi kesehatan. Kulit pisang kaya akan polifenol, karotenoid, antioksidan. Karena kandungan tersebut, kulit pisang dapat melawan stres oksidatif dan mencegah kerusakan sel. Tak hanya itu, kulit pisang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan.

6. Jambu biji
Kulit jambu biji kaya akan serat dan antioksidan. Kulit jambu juga diperkaya dengan enzim pektinase yang sangat penting untuk pencernaan. Pektinase juga dikenal mampu meningkatkan komposisi bakteri usus. Kulit jambu segar juga terbukti memiliki sifat antidiabetes dan sifat anti-glyceamic yang berarti dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah.

Selain buah, beberapa kulit sayuran juga menyimpan manfaat sehat bagi tubuh. Kulit terong misalnya, ini mengandung antioksidan yang disebut nasunin yang mencegah angiogenesis, proses yang membentuk pembuluh darah baru. Jadi, mulai sekarang kamu tak akan membuang kulit buah-buahan tersebut saat mengonsumsinya, kan? 

(Sumber:http://jadiviral.blogspot.com/2016/02/jangan-buang-kulit-5-buah-ini-ketahui.html)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x