loading...

Jangan Keseringan Kena AC, Bahaya Bagi Tubuh Terutama Paru-paru



Siang-siang panas saat matahari sedang terik-teriknya, memang paling maknyus berada di ruangan ber-AC, namun kalau terlalu sering terpapar AC ternyata efeknya buruk untuk kesehatan tubuh.

Penelitian membuktikan ketika kita sedang berada di luar ruangan atau ruang terbuka, tubuh memperkuat sistem kekebalan karena sel-sel darah putih bisa bekerja dengan efektif disebabkan mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Berbeda dengan ketika berada di dalam ruangan ber-AC.

Setidaknya ada 9 Bahaya AC untuk kesehatan tubuh jika kita terus-menerus berada di ruang ber-AC:

1.Penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru adalah salah satu efek buruk dari seringnya berada di dalam ruangan ber-AC. Sebab AC mampu membuat perubahan suhu dan kelembapan secara mendadak.

Perubahan ini mampu mengganggu kesehatan sistem pernapasan.

2. Masalah kulit dan penuaan

Semakin lama dan seringnya Sahabat Ummi duduk di ruang ber-AC, akan berpotensi besar memiliki masalah dengan kesehatan kulit. Sebab AC dapat merampas kelembapan alami kulit dan selaput lendir di dalam kulit.

Mesin pendingin udara bekerja menurunkan temperatur udara dengan menangkap partikel-partikel air di udara untuk memproduksi hawa dingin. Kondisi ini secara tak langsung menurunkan kelembaban udara yang memicu masalah kulit kering.

Jika sebagian besar waktu kita habis di ruang berpendingin udara biasakan menggunakan pelembab ekstra untuk kulit. Kita harus memiliki trik untuk menjaga kelembaban kulit demi mempertahankan elastisitasnya.

3. Menyebabkan alergi

Debu dan udara kotor yang terperangkap di dalam ruangan ber-AC mampu memicu datangnya alergi. Udara pun menjadi tidak sehat sebab tidak adanya sirkulasi udara di dalam ruangan.

4.Mata kering

Udara ber-AC juga dapat membuat penyakit mata seperti konjungtivitis dan blepharitis serta menciptakan masalahkesehatan mata bagi para pemakai lensa kontak.

5. Tidak tahan dengan udara panas

Karena terlalu sering di dalam ruangan yang berudara dingin, maka tubuh pun tidak lagi mampu menahan udara yang panas. Sehingga mudah berkeringat secara berlebihan ketika udara panas.

6. Sering merasa kelelahan

Sahabat Ummi sering bertanya mengapa mudah lelah? Salah satu alasannya mungkin karena sering berada di ruang ber-AC. Sering merasa lelah dan sakit kepala adalah dua masalah yang dihadapi oleh mereka yang berada di ruang ber-AC 24 jam sehari.

7. Obesitas

Sejumlah penelitian menguatkan tudingan bahwa suhu udara yang nyaman menjadi salah satu dari 10 penyebab utama kenaikan berat badan.

Suhu udara yang nyaman akan membuat kita malas beraktivitas. Minimnya aktivitas tubuh meniadakan pelepasan energi pembakaran lemak.

Akibatnya , timbunan lemak akan terakumulasi dan memicu obesitas. Sebab itu, mereka yang terbiasa hidup di ruangan berpenyejuk ruangan disarankan memiliki jadwal rutin berolahraga untuk membakar lemak tubuh.

8.Sick Building Syndrom

Perbedaan suhu udara antara ruangan berpendingin udara dan luar ruang bisa memengaruhi daya tahan tubuh.

Beranjak ke ruang dingin dalam kondisi bercucur keringat usai melakukan aktivitas di bawah sinar matahari bisa mengakibatkan sakit kepala, lemas, bahkan sesak napas.

Maka dari itu, jika sedang berkeringat disarankan tidak langsung memasuki ruangan ber-AC.

9. Penularan penyakit

Hampir semua ruang berpendingin udara minim ventilasi, yang dikarenakan agar udara digin yang dihasilkan oleh AC tidak langsung pergi keluar.

Kondisi ini membuat sirkulasi udara tidak lancar dan hanya menghasilkan udara daur ulang. Di saat salah satu penghuni ruangan membawa virus, secara otomatis virus itu akan terperangkap di ruangan sehingga berpotensi menular ke penghuni lain dengan cepat.

Agar penyakit tidak menyebar dengan cepat, lebih baik sang penghuni yang membawa virus (sedang sakit) lebih baik tidak berada di ruangan yang sama, atau jika tidak memungkinkan, lebih baik menggunakan AC berteknologi Plasmacluster, Neo Plasma, Virus Doctor, dan sejenisnya yang dapat meminimalis virus yang terdapat dalam ruangan tersebut.

Sumber : belitung.tribunnews.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x