loading...

Tips Agar Anak Tidak Mengompol di Malam Hari



Ketika anak sudah mulai melepas popok dan minta ditemani ke toilet pada malam hari, tandanya ia mulai belajar mandiri. Namun, ada kalanya ia lupa kalau tidak memakai popok dan jadi sering mengompol. Bagaimana caranya agar Si Kecil tidak mengompol di malam hari? Berikut tipsnya seperti dilansir dari Practical Parenting: Kamus Perkembangan Bayi&Balita.



1. Berdiskusilah dengan Si Kecil, apakah ia mau menggunakan popok atau tidak. Jika ia setuju, katakan kepadanya sebelum tidur bahwa malam ini ia tidak pakai popok. Jika ingin buang air kecil, minta ia membangunkan Anda dan mengantarnya ke toilet.



2. Jangan beri Si Kecil terlalu banyak minum sebelum tidur, agar produksi urine di kandung kemihnya tidak terlalu banyak.



3. Selalu ajak Si Kecil buang air sebelum tidur dan biasakan untuk buang air segera setelah ia bangun di pagi hari.



4. Berikan pujian kepada Si Kecil setiap kali ia bangun tidur tanpa mengompol. Jika ia mengompol, jangan beri hukuman, tetapi minta kepadanya agar tidak mengompol di malam selanjutnya.



5. Bersiaplah jika ia tiba-tiba mengompol di kasur, karena lupa atau belum terbiasa. Siapkan seprai bersih dan piyama cadangan sebelum tidur.


Sumber : motherandbaby.co.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x