loading...

Buat yang Penderita Sakit Maag, Berikut Makanan Pantangan di Bulan Puasa



Bantulah ShareSelama berpuasa, asupan makan dan minuman harus menjadi perhatian terutama bagi penderita sakit maag. Sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag.
"Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas dan terlalu banyak serat seperti sayuran sawi, kol, buah nangka, pisang ambon, kendondong serta buah yang dikeringkan," ujar dr. Fahrial Syam, SpPD, saat ditemui di RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.
Serta hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, sari buah sitrus, alkohol, dan susu full cream. Makan yang sulit dicerna dapat memperlambat pengosongan lambung.
"Makanan berlemak seperti kue tart, cokelat, keju dapat menyebabkan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung," tambah dr. Fahrial.
Makanan yang mengandung cuka dan pedas pun dapat merusak dinding lambung. Selain makanan dan minuman di atas, ada beberapa sumber karbohidrat yang tidak boleh dikonsumsi seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi, talas, dan dodol.
"Kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari seperti merokok dan makan permen khususnya permen karet," papar dr. Fahrial. Ketidak teraturan makanan sangat memengaruhi ibadah puasa bagi penderita maag.


sumber : feed.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x