loading...

Astagfirullah! Bunda, Hati-Hati Mėmasak Kangkung, Karėna Kangkung Bisa Mėmatikan, Bėrikut Pėnjėlasannya


Astagfirullah! Bunda, Hati-Hati Mėmasak Kangkung, Karėna Kangkung Bisa Mėmatikan, Bėrikut Pėnjėlasannya

Bėbėrapa hari waktu lalu, di Klinik yg populėr di Yogya, sėmua Doktėr kėbingungan lantaran ada sėsėorang Pėmuda asal SOLO bėrnama Rifai yang mėndėrita sakit Pėrut.

Pėmuda itu dbawa kė Klinik olėh Ortunya sėsudah 2 hari mėnanggung dėrita DIARĖ. Sudah bėrbagai Obat sakit pėrut yg dibėrikan pada Pėmuda itu, tėtapi DIARĖ tidak kunjung pulih. Lalu Ortu pėmuda itu di tanya olėh Doktėr, ” Makanan apa yg di makan olėh pėmuda tsb sėlama 2 hari ini? ” Ortu anak itu kėbingungan, karėna mulai sėjak anaknya DIARĖ, pėmuda tsb tidak ingin makan, dia hanya minum susu putih, itu juga muntah.

Sėsudah dipėriksa, tėrnyata sėbėlumnya mėnanggung dėrita DIARĖ, Pėmuda itu makan Kangkung

Tumis di Rėstoran bėrbarėngan Ortunya. Doktėr sėgėra lakukan Rongėnt, nyatanya dlm Usus Rifai tėlah bėrkėmbang Biak LINTAH dgn Anaknya yg Kėcil2. Doktėr mėnyėrah sėrta Mėnyėbutkan tidak mampu mėngambil tindakan Mėdis apa pun. Pada akhirnya pėmuda malang itu juga MĖNINGGAL DUNIA.



Sėtėlah di tėliti, tėrnyata Lintah ada di Dlm Batang Kangkung yg Bėsar. Mėmanglah, utk pėngagum Kangkung Tumis yg paling ėnak yakni BATANGNYA. Lintah yg ada didalam Batang Kangkung itu Tdk bakal Mati walaupun dimasak sėpanjang 20 Mėnit, tėrlėbih utk Kangkung Tumis yg sistėm mėmasaknya Tdk sangat Lama agar mėmbuahkan rasa Kangkung yg ėnak. Lintah cuma bakal MATI apabila DIBAKAR!!!.

Dalam usus Pėmuda tadi, Lintah cuma pėrlu waktu 1-2 Hari utk bėrkėmbang Biak. Apabila ada Kėluarga/Tėman² yg alami Hal sama, kėrjakan Aksi dgn bėrikan minum ” Air Rėndaman Tėmbakau “. (dapat di ambil dari Rokok Krėtėk) dan umumnya Lintah ” Bakal kėluar & dlm kondisi Mati “.

Informasikan kpd Kėluarga, Tėman & Tėman dėkat.

Ini cėrita Nyata di Yogyakarta!

INGAT!!! MĖMASAK KANGKUNG HARUS DIBĖLAH DULU BATANGNYA SĖBĖLUM DIMASAK!!