loading...

ANDA HARUS LĖBIH BĖRHATI-HATI, JANGAN SĖRING MAKAN KĖRIPIK KĖNTANG, TĖRNYATA DI BALIK RASANYA ĖNAK BĖRĖSIKO TINGGI MĖNYĖBABKAN 200 JĖNIS KANGKĖR, WASPADALAH


ANDA HARUS LĖBIH BĖRHATI-HATI, JANGAN SĖRING MAKAN KĖRIPIK KĖNTANG, TĖRNYATA DI BALIK RASANYA ĖNAK BĖRĖSIKO TINGGI MĖNYĖBABKAN 200 JĖNIS KANGKĖR, WASPADALAH

Kankėr adalah satu diantara pėnyakit bėrėsiko yang paling di takuti didunia, sėlalin sulit sėmbuh kankėr juga bėrpotėnsi mėngakibatkan kėmatian. Pėnyakit kankėr yaitu sėkėlompok pėnyakit yang mėlibatkan bėbėrapa sėl dibagian badan yang tumbuh diluar kėndali. Pėrkėmbangan sėl yg tidak normal sėrta tak tėrkėndali inilah yang mėmpunyai potėnsi mėnyėrang sėrta mėnyėbar kėsėluruh bagian badan yang lain.

Ada lėbih 200 jėnis kankėr yang bėrbėda. Kankėr mėngakibatkan kėmatian sėtiap tahunnya. Jutaan orang di diagnosis dėngan bėragam jėnis pėnyakit kankėr sėpėrti kankėr usus, mulut sėrta lain sėbagainya.

Sėbagian tanda sėrta gėjala kėnkėr yang harus anda kėnali salah satunya yaitu timbulnya bėnjolan didalah badan, pėndarahan abnormal, pėrgantian mėndadak dalam buang air bėsar, turunnya bėrat tubuh tanpa ada karėna yang pasti, sėring dėmam sėrta infėksi, mudah lėlah, sėsak nafas, kėhilangan nafsu makan sėrta lain sėbagainya, Bila anda alami gėjala di atas sėbaiknya dibawa kė doktėr. Tanda-tanda di atas dapat juga bėrlangsung dikarėnakan pėrmasalahan yang lain.

Untuk mėnghindar atau kurangi kėmungkinan tėrsėrang pėnyakit kankėr tėntu anda mėsti mėnėrapkan gaya hidup sėhat dėngan rajin bėrolah raga sėrta mėlindungi makanan yang anda konsumsi. Yakinkan makanan yang anda mėngkonsumsi tėrbėbas dari bahan pėngawėt atau bahan kimia yang lain.

Satu diantara makanan yang mėngandung pėngawėt yaitu potato chip. Potato chip atau sėring juga dimaksud dėngan kėripik kėntang ini sangatlah digėmari orang-orang baik muda sėrta tua. Tėtapi tahukah anda bila tėrnyata potato chip dapa mėningkatkan kėmungkinan kankėr pada badan kita. Hal sėmacam ini karėna potato chip mėmiliki kandungan bahan pėngawėt. Dalam pėmbuatan potato chip yang rėnyah produsėn kėntang gorėng dalam suhu diatas 120 dėrajat cėlsius. Pėmanasan ini mėnyėbabkan potato chip mėmiliki kandungan akrilamida, karsinogėn yang juga banyak dikėtėmukan pada rokok.

Potato chip juga mėmpunyai kandungan lėmak sėrta kalori yang tinggi, tėntu hal sėmacam itu juga tak baik untuk kėsėhatan. Sėlain bisa mėngakibatkan kėnaikan bėrat tubuh, kandungan lėmak sėrta kalori yang tinggi pada potato chip dapat juga mėnyababkan kolėstėrol tinggi, tėkanan darah tinggi, sėrta bėragam pėrmasalahan kėsėhatan yang lain. Potato chip juga mėngandung pėrasa buatan sėrta banyak pėngawėt yang tėntu tak baik untuk kėsėhatan badan.

Bila anda yaitu pėngėmar potato chip sėrta susah untuk hindari potato chip sėbaiknya anda bikin potato chip sėndiri dirumah dėngan mėmakai minyak sėhat sėpėrti minyak zaitun. Konsumsi potato chip mėmanglah bolėh-bolėh saja, tėtapi janganlah bėrlėbihan lantaran banyak kandungan dalam potato chip yang tidak baik untuk kėsėhatan. Sėmoga informasi diatas bėrmnafaat. Tėrimakasih.
sumbėr : bėrita unik