loading...

7 Penyebab Kesemutan yang Mengerikan



APAKAH Anda sering merasakan kesemutan di tangan dan kaki? Anda pasti terkejut jika mengetahui penyebabnya. Apa itu?

Berikut 7 penyebab kesemutan yang mengerikan sebagaimana dikutip Prevention, Jumat (18/3/2016).

Saraf terjepit di leher atau punggung

Anda merasakan nyeri dan kesemutan yang menjalar dari leher ke lengan atau dari punggung ke kaki? Anda mungkin menderita saraf terjepit yang disebabkan oleh cedera, postur tubuh buruk atau kondisi yang mendasarinya, seperti arthritis. Terapi fisik atau obat seperti gabapentin bisa membantu.


Kekurangan vitamin

Jika kesemutan yang terjadi di kedua tangan, maka kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Anda juga akan merasa lelah dan lesu, karena kemungkinan terserang anemia. Jika tes darah menegaskan masalah ini, maka suplemen b12 atau suntikannya bisa mengatasi.


Carpel Tunnel Syndrome

Terlalu banyak mengetik? gerakan berulang atau getaran dapat mengompresi saraf di pergelangan tangan, sehingga pada akhirnya menyebabkan kesemutan. Sebuah EMG dan ultrasound biasanya digunakan untuk mendiagnosis sindrom carpal tunnel. Jika Anda menderita masalah ini, maka mungkin perlu mengubah cara beraktivitas sehari-hari. Selain itu, terapi fisik, konsumsi obat anti inflamasi dan mungkin perlu menjalani operasi.


Stenosis tulang belakang

Seorang ahli saraf di Beaumont Health in Rochester Hills, Esther Young, DO menjelaskan, sebuah penyempitan ruang-ruang di tulang belakang atau leher dapat memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang atau akar saraf hingga menyebabkan kesemutan.


"Stenosis dapat didiagnosis dengan MRI atau CT scan, dan diobati dengan terapi fisik, suntikan epidural, atau operasi, tergantung kondisi," katanya.


Diabetes

Asisten profesor kedokteran neuromuskuler di Ohio State University, Stanley Iyadurai mengatakan, resistensi insulin dan gula darah tinggi dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki. Selain itu, jika Anda sering merasa haus atau lapar, serta sering buang air kecil, maka coba konsultasikan ke dokter. Biasanya, Anda akan menjalani puasa untuk tes gula darah yang akan memeriksa kadar glukosa selama 3 bulan sebelumnya.


Hypothyroidism

Hipotiroid dapat menyebabkan kesemutan, kelelahan, kepekaan terhadap dingin, penurunan berat badan, kulit kering dan rambut rontok. Masalah kesehatan ini dapat didiagnosis dengan tes darah.


Multiple sclerosis

Jika Anda sering mati rasa atau kesemutan disertai gejala seperti penglihatan ganda, kecanggungan dan masalah pencernaan, maka multiple sclerosis bisa menjadi penyebabnya. MRI dapat mengungkap plak atau bekas luka pada otak atau sumsum tulang belakang yang terjadi akibat multiple sclerosis.


sumber : lifestyle.okezone.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x