loading...

Amalan Terbaik Ketika Kita Minum



Bersyukurlah, karena kita terlahir dari rahim orang tua yang beragama Islam. Bersyukurlah karena Allah Ta’ala memberikan hidayahnya agar kita memeluk agama Islam. Mengapa harus bersyukur? Sebab, Islam adalah agama yang indah. Allah SWT sebagai Tuhan kita, begitu memperhatikan kita, meski itu bagian terkecil dalam hidup kita.

Sebagai seorang Muslim, kita hanya diperintahkan untuk mengikuti dan menaati aturan yang ada. Dan Allah SWT mengatur segala tindak atau perilaku kehidupan sehari-hari hingga hal-hal yang dianggap sepele.

Hingga, kita tak kesulitan untuk menggapai ridha dan kasih sayang untuk meraih surga-Nya. Sebab, begitu banyak jalan yang dapat kita tempuh. Minum, misalnya. Allah SWT melalui Rasulullah SAW, telah menetapkan amalan-amalan yang dapat kita lakukan ketika minum. Apa sajakah itu?

1. Membaca basmallah.

2. Meminum dengan tangan kanan. 
Hafshah RA meriwayatkan, “Bahwa Rasulullah SAW menggunakan tangan kanannya untuk makan, minum dan berpakaian, dan menggunakan tangan kirinya selain untuk itu,” (Shahih Abu Dawud).

3. Bernafas tiga kali saat berhenti minum. 
Anas RA meriwayatkan, “Bahwa Rasulullah SAW bernafas tiga kali saat minum,” (HR. Muttafaq ‘alaih). Maksudnya, bernafas di luar tempat minum. Ini adalah dalil bahwa petunjuk Nabi SAW dalam minum adalah tiga kali tegukan.

4. Larangan bernafas di dalam tempat minum. 
Abu Qatadah RA meriwayatkan, “Bahwa Nabi SAW melarang bernafas di dalam tempat minum,” (HR. Muttafaq ‘alaih).

5. Minum dengan duduk. 
Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri, jika lupa maka muntahkan air yang telah kamu minum,” (HR. Muslim).

6. Larangan meniup saat minum. 
Ibnu Abbas RA meriwayatkan, “Bahwa Nabi SAW melarang bernafas atau meniup di dalam tempat minum,” (Shahih Al-Jami’).

7. Mengucapkan hamdallah selesai minum.

(Sumber:http://yesmuslim.blogspot.com/2016/04/amalan-terbaik-ketika-kita-minum.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook)

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x